Bagikan:

JAKARTA - Warga China antusias menyambut penarikan aplikasi pelacakan COVID-19 yang digunakan untuk melacak, apakah mereka telah melakukan perjalanan ke daerah yang dilanda COVID pada Hari Selasa, dalam pelonggaran terbaru dari beberapa aturan anti-virus di negara itu.

Ketika pihak berwenang menonaktifkan aplikasi 'kode perjalanan' pada tengah malam pada Hari Senin, empat perusahaan telekomunikasi China mengatakan mereka akan menghapus data pengguna yang terkait dengan aplikasi tersebut.

"Selamat tinggal kode perjalanan, saya harap tidak akan pernah bertemu dengan Anda lagi," kata sebuah unggahan di platform media sosial Weibo, di mana netizen bersorak atas kematian sebuah aplikasi yang dikhawatirkan dapat digunakan untuk pengawasan massal, melansir Reuters 13 Desember.

"Tangan yang terulur untuk mengerahkan tenaga selama epidemi sekarang harus ditarik kembali," tulis pengguna lain.

Untuk semua kelegaan atas keputusan minggu lalu untuk mulai mendayung kembali kebijakan 'nol-COVID' pemerintah yang ketat, ada kekhawatiran China sekarang mungkin membayar harga, karena mungkin melindungi 1,4 miliar orangnya dengan terlalu baik dari virus.

Potensi lonjakan infeksi selama liburan Tahun Baru Imlek bulan depan, ketika orang bepergian ke seluruh negeri untuk berkumpul dengan keluarga. Itu menjadi bahaya bagi populasi yang tidak memiliki "kekebalan kelompok" dan memiliki tingkat vaksinasi yang relatif rendah di kalangan orang tua, menurut beberapa analis.

Kode perjalanan terutama digunakan untuk melacak perjalanan domestik di China. Selain aplikasi tersebut, pihak berwenang juga menggunakan apa yang disebut kode kesehatan, yang harus dipindai oleh penduduk untuk memasuki tempat umum, guna memeriksa apakah mereka mungkin telah melakukan kontak dengan virus.

Langkah yang dilakukan minggu lalu untuk melonggarkan pembatasan COVID, termasuk menghentikan pengujian wajib sebelum banyak kegiatan publik dan mengekang karantina.

Antrean panjang di luar klinik demam adalah tanda yang mengkhawatirkan bahwa gelombang infeksi sedang meningkat, meskipun penghitungan resmi kasus baru cenderung lebih rendah dalam beberapa pekan terakhir, karena pihak berwenang mengurangi pengujian.

Meskipun China belum mengumumkan bahwa kode kesehatan akan dihapus, beberapa kota, termasuk Shanghai mengatakan penduduk tidak lagi diharuskan menunjukkan kode tersebut saat memasuki tempat-tempat seperti toko dan restoran.

Pelonggaran kontrol ini, tiga tahun setelah pandemi, terjadi setelah protes bersejarah terhadap pembatasan yang merusak ekonomi.

Demonstrasi, yang berkisar dari nyala lilin di Beijing hingga bentrokan jalanan antara warga yang marah dan polisi anti huru hara di Guangzhou, adalah pertunjukan ketidakpuasan publik terbesar di China daratan sejak Presiden Xi berkuasa pada 2012.

Diketahui, China telah menutup perbatasannya untuk perjalanan internasional, sejak pandemi pertama kali meletus di Kota Wuhan, China tengah pada akhir 2019.

Penerbangan internasional masih berada di tingkat yang lebih rendah dari pra-pandemi, dengan pendatang masih harus melakukan karantina selama delapan hari.

Analis mengatakan, penurunan kasus baru yang dilaporkan dapat mencerminkan penurunan persyaratan pengujian, daripada situasi sebenarnya di lapangan.

"Lonjakan infeksi yang cepat di kota-kota besar mungkin hanya permulaan dari gelombang besar infeksi COVID," kata Ting Lu, analis di Nomura.

"Kami menganggap bahwa migrasi masuk sekitar liburan Tahun Baru Imlek di akhir Januari, dapat menyebabkan penyebaran COVID yang belum pernah terjadi sebelumnya," katanya.

Sementara para ahli mengatakan, sistem perawatan kesehatan China yang rapuh dapat dengan cepat kewalahan jika ketakutan itu terwujud.

Di ibu kota China, Beijing, antrean orang di luar klinik demam di salah satu rumah sakit di distrik kelas atas Chaoyang membentang sejauh 30 meter, menurut seorang saksi Reuters.

Kursi kosong di kereta komuter dan restoran sepi di Beijing telah menggarisbawahi keragu-raguan sebagian orang, untuk merangkul kebebasan baru usai pembatasan panjang sejak awal pandemi.