Hujan Salju Sebabkan Penundaan dan Pembatalan Penerbangan di Empat Bandara London
Ilustrasi salju di bandara London, Inggris. (Twitter/@stopclimbFL200)

Bagikan:

JAKARTA - Bandara di London, Inggris mengalami gangguan besar karena hujan salju semalaman, dengan penundaan dan pembatalan berlanjut hingga Senin waktu setempat.

Keempat bandara yang terpengaruh — Heathrow, Gatwick, Stansted dan London City — beroperasi kembali tetapi mengalami gangguan layanan.

Secara total, lebih dari 100 penerbangan yang melayani bandara Inggris dibatalkan pada Hari Minggu dan Senin.

Seorang juru bicara easyJet pada Hari Senin mengatakan: "Maskapai yang beroperasi ke dan dari Inggris hari ini mengalami beberapa gangguan pada program penerbangan mereka karena cuaca buruk, dengan sejumlah pembatalan di bandara Luton dan Gatwick yang keduanya terkena salju," melansir The National News 12 Desember.

"Penerbangan juga terpengaruh kemarin karena penutupan salju memengaruhi bandara Manchester, Liverpool, Gatwick dan Luton dengan beberapa pembatalan dan pengalihan penerbangan."

"Kami melakukan semua yang mungkin untuk meminimalkan gangguan bagi pelanggan kami, termasuk menyediakan kamar hotel dan makanan bagi penumpang yang terkena dampak pembatalan," tandasnya.

Sementara itu, Bandara London City mengatakan pada Hari Senin, pihaknya "mengalami beberapa gangguan pagi ini" karena pesawat berada di luar posisi setelah "jumlah pembatalan yang signifikan" pada Minggu malam.

salju di london
Ilustrasi salju di London, Inggris. (Twitter/@BrasovAndy)

Minggu adalah malam terdingin di Inggris sejauh ini dengan suhu di Skotlandia utara turun di bawah minus 15°C.

Bandara London Stansted telah dibuka kembali dan beroperasi sejak pukul 3 pagi, setelah semua penerbangan ditangguhkan untuk membersihkan salju dari landasan pacu. Papan keberangkatan Stansted menunjukkan beberapa penerbangan yang dibatalkan pada Senin pagi.

Sementara itu, Bandara Heathrow juga buka dan beroperasi pada Hari Senin, tetapi seorang perwakilan mengatakan ada "sejumlah penundaan dan pembatalan terkait cuaca".

Adapun Bandara Gatwick, yang menutup landasan sementara pada Minggu malam karena salju, juga memperingatkan tentang gangguan akibat cuaca buruk.

"Penumpang disarankan untuk memeriksa status penerbangan dengan maskapai mereka – dan juga kondisi perjalanan lokal – sebelum berangkat ke bandara," cuit perwakilan Gatwick.

Selain penerbangan, layanan kereta Inggris juga terkena dampak parah, dengan operator mengeluarkan peringatan penumpang agar tidak bepergian pada Senin pagi.

Perusahaan layanan kereta mengatakan salju dan es telah mengakibatkan "gangguan parah" di seluruh jaringan Tenggara pada Hari Minggu. Ia memperingatkan layanan akan terus terganggu pada Senin pagi, dengan beberapa jalur ditangguhkan.

Ada juga gangguan besar pada layanan yang dijalankan oleh Greater Anglia, South Western Railway dan Southern.

Selain itu, penundaan parah terjadi pada kereta Bawah Tanah London, dengan semua kecuali satu jalur terpengaruh. Beberapa bagian jaringan ditangguhkan, termasuk: jalur Utara antara High Barnet dan Archway; Finchley Central dan Mill Hill East; Edgware dan Golders Green hingga Hainault dan Woodford.