Aksi Demonstrasi 1812, Polisi Siapkan Skema Pengalihan Arus Lalu Lintas
Ilustrasi (Ilham Amin/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya sudah menyiapkan skema pengalihan arus lalu lintas di sekitaran Istana Negara. Pengalihan arus lalu lintas ini buntut dari aksi demonstrasi elemen masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Nasional Anti-Komunis (ANAK) NKRI. 

Aksi demonstrasi 1812 itu menuntut pembebasan Rizieq Shihab yang saat ini ditahan terkait kasus pelanggaran protokol kesehatan.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan setidaknya ada 12 ruas jalan yang akan dialihkan. Tapi penerapan skema ini bersifat situasional.

"Dimohon untuk menghindari kawasan Istana Negara dan Jalan MH. Thamrin," ucap dia dalam keterangannya, Jumat, 18 Desember.

Adapun skema pengalihan arus lalu lintas di sekitaran Istana Negara, antar lain, arus lalu lintas dari Jalan Veteran Raya yang menuju Jalan Veteran Raya III ditutup.

Kemudian, kendaraan dari Jalan Medan Merdeka Timur yang menuju Jalan Medan Merdeka Utara dibelokkan ke kanan ke Jalan Perwira. Kendaraan dari Jalan Ridwan Rais ke Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur

Ilustrasi (Foto: Polda Metro Jaya)

 

Selanjutnya, kendaraan dari Jalan MH Thamrin menuju Patung Kuda dibelokkan ke kiri dan ke kanan ke Jalan Budi Kemulian. Kendaraan dari Jalan Abdul Muis ke Jalan Budi Kemuliaan diteruskan ke Jalan Abdul Muis.

Sementara, unruk arus lalu lintas dari Jalan Abdul Muis menuju Jalan Museum akan ditutup.

Kendaraan dari Jalan Suryopranoto ke arah Jalan Juanda dan Jalan Majapahit dibelokkan ke Jalan Gajah Mada. Kendaraan dari Jalan Hayam Wuruk ke Jalan Majahapit dibelokkan ke kiri ke Jalan Juanda.

Kendaraan dari Jalan Katedral menuju Jalan Veteran Raya dibelokkan ke kanan ke Jalan Pos. Kemudian, kendaraan dari Jalan Abdul Muis menuju arah Harmoni ditutup dan dibelokkan ke Jalan Tanah Abang II.

Arus lalu lintas dari Jalan MH Thamrin menuju ke arah Bundaran HI ditutup dan dibelokan ke Jalan KH Wahid Hasyim. Kemudian, kendaraan yang melintas dari Jalan KH Wahid Hasyim menuju Bundaran HI ditutup dan diluruskan ke Jalan KH Wahid Hasyim.

Terakhir, kendaraan yang melintas dari Jalan H Agus Salim menuju Jalan Sunda ditutup dan diluruskan ke Jalan H Agus Salim arah Sabang.