Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan stok hingga harga pangan di Jakarta tetap aman jelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2021.

Hal ini disampaikan Anies setelah mendapat laporan saat rapat bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) DKI. Anies memimpin rapat secara virtual dengan jajaran Pemprov DKI yang berada di Balai Kota.

"Dari laporan, insyaallah aman. Ke depan kita pastikan pekan pertama di Januari tidak ada interupsi di pasokan, sekaligus kita harus segera menyusun program kerja untuk 2021 dengan target-target yang realistis," kata Anies dalam keterangannya, Rabu, 16 Desember.

Berdasarkan laporan yang diterima Anies, inflasi Jakarta relatif rendah sampai dengan November 2020, yaitu 1,32 persen (ytd), atau secara tahunan sebesar 1,66 persen (yoy). 

Dengan capaian itu, pada akhir tahun 2020 inflasi Jakarta diperkirakan lebih rendah dari capaian tahun lalu (3,23 persen yoy), dan diperkirakan berada di bawah kisaran sasaran inflasi nasional sebesar 3 persen.

Maka dari itu, kata Anies, TPID DKI tetap akan mengawal kecukupan dan kelancaran pasokan pangan strategis, serta turut mendukung upaya pemulihan ekonomi Jakarta. 

"Kita ikut optimis Jakarta akan kembali pulih lebih cepat karena infrastruktur dan kesiapan kita lebih baik. Ke depan kita bukan saja mengendalikan harga, tapi memastikan daya beli di masyarakat tetap terjaga," tutur Anies.