Selandia Baru Umumkan Peninjauan Penanganan Pandemi COVID-19
Ilustrasi COVID-19 di Selandia Baru. (Wikimedia Commons/Alan Tennyson)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Selandia Baru mengatakan pada Hari Senin, akan meluncurkan penyelidikan tentang penanganan negara itu terhadap pandemi COVID-19, sehingga pemerintah di masa depan dapat belajar dari pengalaman tersebut.

Komisi Kerajaan, penyelidikan publik tingkat tertinggi di Selandia Baru, akan melihat tanggapan secara keseluruhan, kata pemerintah dalam sebuah pernyataan.

Itu termasuk mempertimbangkan langkah-langkah ekonomi, seperti respons kebijakan fiskal dan moneter, tetapi tanpa meninjau keputusan bank sentral tertentu.

Tujuannya adalah mengidentifikasi pelajaran yang dapat diterapkan dalam menghadapi pandemi di masa depan.

"Sudah lebih dari 100 tahun sejak kami mengalami pandemi skala ini, jadi sangat penting kami menyusun apa yang berhasil dan apa yang dapat kami pelajari darinya jika itu terjadi lagi," kata Perdana Menteri Jacinda Ardern dalam sebuah pernyataan, melansir Reuters 5 Desember.

Tanggapan cepat Selandia Baru terhadap pandemi dan isolasi geografisnya, membuat negara itu sebagian besar bebas COVID-19 hingga akhir 2021, memenangkan dukungan domestik yang kuat untuk PM Ardern.

Tetapi, kemarahan atas mandat vaksin untuk orang yang bekerja di sektor seperti kesehatan dan pendidikan, serta penutupan perbatasan yang ketat memicu protes awal tahun ini.

Tanggapan keuangan pemerintah sekarang juga dipersalahkan oleh beberapa partai politik oposisi, karena berkontribusi terhadap inflasi tinggi selama tiga dasawarsa.

Peninjauan akan selesai pada pertengahan 2024, kata pemerintah.