Bukan Zona Penggemar Biasa, Hotel Terapung Manjakan Penonton Piala Dunia 2022 Qatar
Kapal pesiar MSC World Europa. (Wikimedia Commons/Didier Duforest)

Bagikan:

JAKARTA - Seluncuran raksasa, pusaran air, bumper car, hiburan tanpa henti, dan makanan, begitulah ribuan penggemar sepak bola di Qatar menghabiskan waktu mereka di sela-sela pertandingan.

Selama Piala Dunia ini, yang pertama mengundang penggemar untuk tidur di kapal pesiar, seorang ayah dan anak Dubai bersenang-senang di atas zona penggemar yang tidak pernah tidur.

Saptarshi Bandopadhyay dan putranya Siddharth menghabiskan lima hari di MSC World Europa, salah satu dari tiga kapal pesiar yang menampung 10.000 penggemar dari seluruh dunia.

Memesan kabin kecil di hotel terapung dengan 22 dek sangat masuk akal bagi manajer pemasaran ini, yang ingin membuat putranya tetap sibuk sebelum kick-off.

"Ini adalah pesta yang berbeda sama sekali di kapal pesiar," kata Bandopadhyay kepada The National News, seperti dikutip 30 November.

"Tempo berubah di malam hari dan semua orang berkumpul di lantai 18 di mana terdapat kolam besar, pusaran air, dan layar besar untuk menonton pertandingan yang tidak Anda miliki tiketnya," paparnya.

"Saat mencari akomodasi, pilihannya adalah hotel yang berdiri sendiri, kampung penggemar atau kemah kontainer."

"Sejak saya membawa putra saya, idenya adalah untuk menemukan tempat kami dapat bersantai dan dia dapat bersenang-senang sepanjang hari dengan 1.001 aktivitas dan kami dapat dengan mudah pergi ke pertandingan dan kembali," tandasnya.

Berlabuh di Grand Terminal Doha, kapal pesiar ini ini dapat dicapai dengan naik bus singkat dari delapan stadion yang digunakan untuk turnamen, yang semuanya terletak dalam radius 50 km dari pusat kota.

Para tamu kapal pesiar sangat beragam: beberapa sendirian, yang lain berbagi kamar dengan teman dan ada juga kelompok keluarga yang bepergian dengan penggemar yang lebih muda.

Para penggemar menghabiskan hari berjemur di geladak di salah satu dari enam kolam renang, berolahraga di gym, atau perawatan spa sebelum pertandingan.

Kembali dari stadion di malam hari, para tamu menonton pertunjukan bertema, makan di salah satu dari 13 restoran hingga pergi ke klub malam atau teater.

Bendera Denmark, Wales, Iran, dan Kroasia termasuk di antara banyak warna tim yang digantung di luar kabin.

Bandopadhyay sering menyaksikan pertandingan terakhir hari itu di layar lebar, di dek bersama ratusan penggemar lainnya.

"Suasana berubah pada malam hari ketika Anda melihat pemain Brazil dan Argentina masuk," ujar warga India yang mendukung kedua tim di urutan tersebut.

kapal pesiar msc world europa
Kapal pesiar MSC World Europa. (Wikimedia Commons/ND44)

"Orang-orang Amerika Selatan membawa energi riang, nyanyian dan tarian yang mengangkat seluruh suasana hati," tandasnya.

Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun dimanjakan di sini, dengan sederet rangkaian aktivitas yang tiada henti, bermain sepak bola dengan teman-teman baru, hingga meluncur di seluncuran air raksasa dengan headset realitas virtual yang membawa tamu ke negeri ajaib bersalju atau safari Afrika.

Dari semua aktivitas di atas kapal pesiar penumpang raksasa, ada favorit yang jelas, memanjat ke mulut ular raksasa, seluncuran di atas kapal.

Seluncuran Venom 11 dek spiral, seluncuran kering terpanjang di laut, yang turun dari lantai 20 ke lantai delapan adalah favorit di antara tamu yang lebih muda.

"Kapal pesiar itu gila. Itu pada dasarnya adalah hotel yang menyenangkan, tetapi Anda berlabuh di dermaga," katanya.

"Saya akan tinggal di kapal pesiar lagi. Saya mendapat teman baru dari Tokyo dan bermain sepak bola dengan mereka."

"Penurunan spiral Venom dan set VR di seluncuran air adalah yang paling keren," sebutnya.

Seorang penggemar sepak bola sejati, sensasi sesungguhnya datang dari menonton pertandingan.

Dari empat pertandingan yang ia hadiri, pilihan utamanya adalah kemenangan menentukan Spanyol atas Kosta Rika.

"Saya tahu beberapa anak tidak suka menonton seluruh pertandingan, karena menurut mereka terlalu lama," katanya.

Bandopadhyay sejauh ini mengumpulkan syal dan bendera tim dari Spanyol, Denmark dan Tunisia untuk dibawa kembali ke Dubai sebagai bagian dari memorabilia Piala Dunia yang akan selalu dia hargai.

Dengan promenade 90 meter di luar ruangan dan area pejalan kaki di dalam ruangan, MSC World Europa bertujuan untuk meniru penawaran kota kecil, dengan pusat konferensi, video game arcade, teater, spa, salon, butik dan toko. Harga untuk kabin mulai dari 350 dolar AS per malam.

Bandopadhyay memilih paket full board untuk empat malam. Dia dan putranya tinggal di sebuah ruangan kecil tanpa pemandangan, karena dia tahu mereka kebanyakan berada di luar ruangan.

Harga bergerak ke atas 2.600 dolar AS per malam untuk suite mewah dengan ruang tamu, teras dengan outdoor whirlpool dan pintu kaca luas yang terbuka untuk pemandangan panorama.

Penggemar sepak bola itu akan kembali ke Qatar nanti di turnamen bersama seorang teman, tinggal di hotel selama dua pertandingan perempat final.

Dia pernah ke Piala Dunia di Rusia (2018) dan Brasil (2014), di mana dia mengatakan atmosfernya sangat berbeda.

"Jika itu Rusia atau Brasil, saya pasti tidak akan mengambil pelayaran karena Anda ingin berada di jantung sepak bola," ujarnya.

"Di sana itu alami dan mengalir bebas. Orang-orang akan bermain sepak bola di jalanan. Di St Petersburg, Anda akan melihat dua penggemar Argentina versus ratusan penggemar dari Brasil saling meneriakkan lagu."

"Itu adalah sesuatu yang tidak dapat Anda tiru di Qatar, semangat sejati penggemar sepak bola dan hasrat mereka."

"Tapi mereka melakukan pekerjaan yang layak untuk mengumpulkan orang-orang di zona penggemar dengan DJ, orang-orang, bernyanyi dan menari," tandasnya.

Apa yang tidak biasa tentang pengalaman pelayaran adalah waktu yang dihabiskan bersama penggemar lainnya.

"Dalam dua Piala Dunia sebelumnya, Anda harus mengobrol dengan penggemar lain, tetapi ini adalah fase yang sangat sementara di bar atau restoran," ujar Bandopadhyay.

"Kapal pesiar memiliki pandangan yang berbeda dalam interaksi penggemar.Anda memiliki lebih banyak waktu untuk berbicara dengan penggemar lain tentang negara mereka, budaya sepak bola, pemain favorit, apa yang menurut mereka benar atau salah."

"Dan itu adalah hal yang unik dan menarik untuk tinggal di kapal," tandasnya.

Setelah Piala Dunia, MSC World Europa akan menjadikan UEA sebagai pelabuhan asalnya, kemudian berlayar ke Teluk Arab untuk musim dingin.