Tak Disangka, Sudah Puluhan Tahun Warga Cempaka Putih Barat Buang Limbah BAB ke Saluran Got
Kawasan Cempaka Putih Barat, Jakarta Pusat/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Belasan rumah warga di kawasan Cempaka Putih Barat, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat, tak miliki Septic tank. Warga pun selama ini membuang kotoran langsung ke dalam saluran got.

Plt Lurah Cempaka Putih Barat (CPB) Arief Biki membenarkan bahwa di wilayah CPB ada 13 rumah yang tidak punya septic tank.

"Hari ini dimulai pembangunan septic tank Open Defecation Free (ODF) yang dilakukan oleh Baznas tingkat kota. Ditargetkan pembangunan rampung pada 29 Desember 2022," kata Biki kepada wartawan, Jumar, 2 Desember.

Pembangunan septic tank dilakukan tepat di jalan Cempaka 1. Nantinya jalan ini akan ditutup dan sosialisasi tentang penutupan jalan sudah dilakukan kepada warga yang biasa melintas.

"Akses jalan dipastikan ditutup total, roda dua dan empat tidak bisa melintas. Warga kita minta mencari jalur alternatif lainnya," katanya.

Pembangunan septic tank ini juga dilakukan di wilayah Rawasari, RT 02/01 dan RT 07/04. Ada 3 rumah yang tidak memiliki tempat penampungan buangan hajat manusia.

"Kalau yang di Rawasari pembangunan tidak dengan metode septic tank komunal atau tempat penampungan menjadi satu dari beberapa rumah. Di Rawasari rumah dibangunkan satu septic tank untuk satu rumah," ujarnya.

Ketua RW 09 Andi Basri Daeng mengatakan, warga Kelurahan Cempaka Putih Barat dan Rawasari, Kecamatan Cempaka Putih, Jakarta Pusat merasa senang dengan dibangunnya septic tank komunal. Pasalnya puluhan tahun warga buang hajat langsung ke saluran.

"Jujur saja kita sangat senang warga RW 09 RT 05 Cempaka Putih Barat dibangunkan septic tank komunal. Soalnya di sini warga sudah lebih dari 20 tahun tidak punya septic tank," ucapnya.