Astaga! Demi Kebutuhan Sehari-hari Warga Kemayoran Rela Ambil Air dari Selokan
Warga Kemayoran Jakpus nekat mengambil air dari saluran air kotor untuk kebutuhan sehari-hari

Bagikan:

JAKARTA - Turya (48) warga RT 01, Kelurahan Harapan Mulia, Kemayoran, terpaksa mengais air bersih akibat air PAM di rumahnya mati. Belakangan diketahui, air PAM di permukiman warga itu terkendala akibat adanya normalisasi saluran di Jalan Cempaka Baru Utara, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat.

Menurut Turya, rusaknya pipa air Pam ini sudah terjadi sejak 2 minggu. Kerusakan terjadi karena adanya pembangunan saluran milik warga.

"Ini air milik Pam bocor karena perbaikan got. Air di rumah saya mati karena semua air bocor di sini," katanya kepada wartawan, Selasa, 1 November.

Turya mengatakan, air Pam ini pecah dan bercampur dengan air got. Warga pun terpaksa mengambil air tersebut untuk kebutuhan seperti mandi dan mencuci baju.

"Kita bawa ember dari rumah baru ke lokasi ini, terus kita ambil airnya. Sebenarnya kita rada khawatir menggunakan air ini walaupun warnanya masih agak jernih tapi ini sudah bercampur dengan air got," ucapnya.

Sementara, Dita (39) warga lainnya mengatakan, jebolnya pipa pam air milik warga ini bukan pertama kali. Lebih dari dua kali pipa pam jebol karena pengerjaan pelebaran saluran.

"Sudah pipa jebol, belum lagi jadi berdebu lokasi pengerjaan dan ceceran tanah di jalan," katanya.

Dikonfirmasi terpisah, Kasatpel SDA Kecamatan Kemayoran Supriadi mengatakan, pengerjaan normalisasi saluran dikerjakan oleh Suku Dinas SDA Jakarta Pusat bagian perencanaan.

"Itu Sudin SDA Jakarta Pusat bagian perencanaan. Saya tidak tahu itu dikerjakan dari kapan dan sampai kapan," singkatnya.