Ukraina Janjikan Tempat Perlindung untuk Warga di Musim Dingin: Ada Air, Pemanas hingga Internet Gratis
Ilustrasi warga Ukraina. (Wikimedia Commons/Ministry of Culture and Information Policy of Ukraine)

Bagikan:

JAKARTA - Otoritas Ukraina menjanjikan tempat berlindung dengan panas dan air, sekaligus mendorong rakyatnya untuk menghemat energi jelang musim dingin, saat serangan Rusia melumpuhkan infrastruktur energinya.

"Pusat penampungan khusus akan didirikan di seluruh Ukraina untuk menyediakan listrik, pemanas, air, internet, koneksi telepon seluler dan apotek gratis sepanjang waktu," kata Presiden Volodymyr Zelensky, melansir Reuters 23 November.

Serangan Rusia telah mematikan listrik untuk waktu yang lama, mempengaruhi hingga 10 juta konsumen sekaligus. Operator jaringan listrik nasional Ukraina mengatakan pada Hari Rabu, lebih banyak pemadaman akan diperlukan di seluruh negeri.

"Jika serangan besar-besaran Rusia terjadi lagi dan jelas kekuatan tidak akan pulih selama berjam-jam, pusat penampungan akan beroperasi dengan semua layanan utama," terang Presiden Zelensky.

Sementara itu, Perdana Menteri Denys Shmyhal mengatakan minggu ini, sekitar 8.500 set pembangkit listrik diimpor ke Ukraina setiap hari.

Diketahui, salju pertama musim dingin telah turun di sebagian besar wilayah negara itu selama seminggu terakhir.

Pihak berwenang telah memperingatkan pemadaman listrik yang dapat memengaruhi jutaan orang hingga akhir Maret, dampak terbaru dari invasi sembilan bulan Rusia yang telah menewaskan puluhan ribu, jutaan orang mengungsi dan memukul ekonomi global.

Serangan Rusia terhadap fasilitas energi Ukraina mengikuti serangkaian kemunduran medan perang yang mencakup mundurnya pasukannya dari kota selatan Kherson ke tepi timur Sungai Dnipro yang membelah negara itu.

Seminggu setelah kota itu direbut kembali oleh pasukan Ukraina, penduduk di Kherson merobohkan papan iklan propaganda Rusia dan menggantinya dengan tanda-tanda pro-Ukraina.

"Saat tentara kami masuk, poster-poster ini dicetak dan diserahkan kepada kami. Kami menemukan pekerja untuk memasang poster-poster itu, dan kami membersihkan iklan itu secepat mungkin," jelas Antonina Dobrozhenska, yang bekerja di departemen komunikasi pemerintah.

Diketahui, pertempuran berkecamuk di timur, di mana Rusia menekan serangan di sepanjang bentangan garis depan barat Kota Donetsk, yang telah dipegang oleh proksinya sejak 2014.

Di Krimea, semenanjung Laut Hitam yang dianeksasi Rusia dari Ukraina pada 2014, pertahanan udara Rusia diaktifkan dan dua serangan pesawat tak berawak berhasil dihalau pada Selasa, termasuk satu serangan yang menargetkan pembangkit listrik di dekat Sevastopol, kata gubernur regional itu.