NATO Berencana Tingkatkan Bantuan untuk Ukraina, Diskusikan Penyediaan Sistem Pertahanan Rudal Patriot
Ilustrasi sistem pertahanan rudal Patriot. (Wikimedia Commons/DoD/Glenn Fawcett)

Bagikan:

JAKARTA - Negara-negara Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) akan membantu Ukraina memperbaiki infrastruktur energi yang rusak berat akibat pemboman Rusia, dengan Sekjen NATO mengatakan Moskow ingin menggunakan musim dingin sebagai senjata perang.

Rusia telah melakukan serangan rudal besar-besaran pada jaringan listrik Ukraina dan infrastruktur pemanas kira-kira setiap minggu sejak Oktober, yang menurut Kyiv dan sekutunya adalah kampanye yang disengaja untuk menyakiti warga sipil, kejahatan perang.

Rusia mengakui menyerang infrastruktur energi Ukraina, tetapi menyangkal sengaja berusaha untuk menyakiti warga sipil.

"Rusia menggunakan serangan rudal dan pesawat tak berawak yang brutal untuk membuat Ukraina dingin dan gelap musim dingin ini," kata Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg, saat para menteri luar negeri aliansi menyelesaikan pembicaraan pertama dari dua hari di ibu kota Rumania, Bucharest, melansir Reuters 29 November.

"Presiden (Vladimir) Putin mencoba menggunakan musim dingin sebagai senjata perang, untuk memaksa warga Ukraina membeku atau melarikan diri. Dia mencoba mematahkan keinginan rakyat Ukraina yang pemberani dan memecah belah kita semua yang mendukung mereka," tambahnya.

Menteri luar negeri NATO berjanji untuk meningkatkan dukungan politik dan praktis ke Ukraina, mempertahankannya selama diperlukan.

"Agresi Rusia, termasuk serangannya yang terus-menerus dan tidak masuk akal terhadap infrastruktur sipil dan energi Ukraina, merampas jutaan layanan dasar manusia Ukraina," kata mereka dalam sebuah pernyataan.

Sementara itu, Ukraina mendesak mitra Baratnya untuk memasoknya dengan sistem pertahanan udara dan transformer untuk menumpulkan serangan Rusia.

"Jika kami memiliki trafo dan generator, kami dapat memulihkan kebutuhan energi kami. Jika kami memiliki sistem pertahanan udara, kami dapat melindungi dari serangan rudal Rusia berikutnya," ujar Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba.

"Singkatnya, Patriot dan transformer adalah yang paling dibutuhkan Ukraina," tandasnya.

Terkait ini, Stoltenberg mengatakan sekutu sedang mendiskusikan penyediaan unit pertahanan udara Patriot, tetapi memperingatkan sistem yang dikirimkan harus efektif, dipelihara dan dilengkapi dengan amunisi yang cukup, yang merupakan "tantangan besar" tersendiri.

Amerika Serikat sendiri mengumumkan akan menyediakan 53 juta dolar AS guna membeli peralatan jaringan listrik untuk Ukraina.

"Peralatan ini akan dikirim dengan cepat ke Ukraina dalam keadaan darurat, untuk membantu warga Ukraina bertahan selama musim dingin," bunyi pernyataan Departemen Luar Negeri, menambahkan bahwa paket itu akan mencakup trafo distribusi, pemutus arus dan penahan gelombang di antara peralatan lainnya.