Gempa Magnitudo 6,0 Guncang Turki: Terasa hingga Istanbul, Sebabkan Pemadaman Listrik
Ilustrasi gempa. (Unsplash/@jensaber)

Bagikan:

JAKARTA - Gempa Magnitudo 6,0 mengguncang Duzce, Turki yang dirasakan di seluruh wilayah termasuk di Istanbul, membangunkan dan menakuti penduduk kurang dari 10 hari setelah negara itu mengadakan latihan gempa nasional untuk menandai peringatan 23 tahun gempa bumi Duzce tahun 1999, yang berlangsung selama 30 detik dan menewaskan 710 orang.

Otoritas Manajemen Bencana dan Darurat (AFAD) mengatakan gempa berpusat di Distrik Golyaka, Duzce dan terjadi pada pukul 4:08 pagi waktu setempat, melansir Daily Sabah 23 November.

Wali Kota Duzce Faruk Ozlu membenarkan tidak ada korban jiwa yang dilaporkan, dan gempa tersebut menyebabkan pemadaman listrik di provinsi tersebut.

Sementara, Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu juga menegaskan, tidak ada korban yang dilaporkan saat dia menyampaikan harapan baiknya kepada mereka yang terkena dampak.

Dia mencatat bahwa layanan darurat bersiaga dan tim terus mensurvei wilayah yang terkena dampak.

Bagi sebagian besar penduduk setempat, itu adalah momen menakutkan yang mengingatkan mereka pada bencana masa lalu.

Pada 12 November 1999, Duzce diguncang gempa berkekuatan 7,1 yang berlangsung selama 30 detik, menewaskan 710 orang dan melukai 2.679 orang.

Gempa Duzce terjadi setelah gempa 17 Agustus 1999 yang melanda kota Izmit di barat laut Turki, menewaskan 18.373 orang dan melukai 23.781 dengan getaran berkekuatan Magnitudo 7,6, menurut angka resmi dari AFAD.