Awasi Wisatawan Asing, Imigrasi Naiki Pinisi Berpenumpang WNA di Perairan Taman Komodo NTT
Operasi gabungan Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) memeriksa dokumen WNA di atas kapal pinisi di Labuan Bajo, NTT, Jumat 18 November. (ANTARA/HO-Imigrasi Labuan Bajo)

Bagikan:

NTT - Operasi gabungan Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) digelar di kawasan Taman Nasional Komodo, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Puluhan warga negara asing atau WNA yang sedang berwisata diperiksa.

Pemeriksaan pertama dilakukan terhadap WNA di dua kapal pinisi yang sedang berlayar di perairan di sekitar Pulau Komodo. 

Selanjutnya operasi gabungan lanjut ke Pulau Sebayur untuk melakukan pengawasan terhadap orang asing di Komodo resort.

Kepala Subseksi Teknologi Informasi, Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Labuan Bajo, Christian Prantigo mengatakan, kurang lebih ada 21 WNA dilakukan pengawasan.

"Kita lakukan pemeriksaan dokumen keimigrasian yang dimiliki oleh orang asing serta keterangan terkait keberadaan dan kegiatan Orang Asing tersebut di wilayah perairan Manggarai Barat," ujar dia, Jumat 18 November, disitat Antara.

Christian menambahkan, dari hasil pemeriksaan seluruh dokumen tidak ditemukan adanya pelanggaran keimigrasian.

"Sejumlah orang asing tersebut memiliki izin tinggal yang sesuai dengan peruntukannya dan tidak ditemui adanya pelanggaran Keimigrasian," tuturnya.

Christian menjelaskan, operasi gabungan ini merupakan rangkaian pelaksanaan pengamanan eksternal yang dilakukan oleh Imigrasi Labuan Bajo serta tindak lanjut dari hasil pertemuan Tim Kewaspadaan Dini yang dilaksanakan pada 14 November di Kantor Kesbangpol Kabupaten Manggarai Barat.

Dalam operasi gabungan Timpora ini, selain Imigrasi Labuan Bajo dilibatkan juga Kepolisian Resor Manggarai Barat, BAIS Manggarai Barat, TNI Angkatan Laut Labuan Bajo, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Manggarai Barat, BIN Manggarai Barat dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Manggarai Barat.