Kasus COVID-19 di China Kembali Catat Rekor Tertinggi: Beijing hingga Guangzhou Alami Hari Terburuk
Ilustrasi COVID-19 di China. (Wikimedia Commons/Walter Grassroot)

Bagikan:

JAKARTA - Beijing dan beberapa kota besar lainnya di China melaporkan rekor infeksi COVID-19 pada Hari Senin, menempatkan pihak berwenang di bawah tekanan lebih besar untuk memadamkan wabah dengan cepat, sambil berusaha mengurangi dampak pada kehidupan masyarakat dan aktivitas ekonomi.

Secara nasional, 16.072 kasus baru yang ditularkan secara lokal dilaporkan oleh Komisi Kesehatan Nasional, naik dari 14.761 pada Minggu dan tertinggi di China sejak 25 April, ketika Shanghai berjuang melawan wabah paling serius, melansir Reuters 14 November.

Beijing, Chongqing, Guangzhou dan Zhengzhou semuanya mencatat hari terburuk mereka sejauh ini, meskipun dalam kasus ibu kota jumlahnya hanya beberapa ratus kasus, sementara kota-kota lain menghitung dalam ribuan.

Beban kasus sangat kecil dibandingkan dengan tingkat infeksi yang ditemui di negara lain. Tetapi, desakan China untuk memberantas wabah segera setelah muncul di bawah kebijakan nol-COVID telah meningkatkan dampak pada masyarakat dan ekonomi.

Beijing melaporkan 407 kasus pada Senin, dibandingkan dengan 235 hari sebelumnya. Di selatan Kota Guangzhou, kasus penularan lokal baru mencapai 4.065, dibandingkan dengan 3.653 sehari sebelumnya.

Sementara itu, pusat manufaktur utama Zhengzhou di China tengah melaporkan 2.981 infeksi baru dibandingkan 2.642 sehari sebelumnya.

Chongqing, kota barat daya berpenduduk lebih dari 32 juta orang, juga mengalami lonjakan kasus menjadi 2.297 dibandingkan dengan 1.820 pada hari sebelumnya.

Jumat pekan lalu, Komisi Kesehatan Nasional memperbarui aturan COVID-nya dalam pelonggaran pembatasan paling signifikan hingga saat ini, menggambarkan perubahan tersebut sebagai "optimalisasi" langkah-langkahnya untuk mengurangi dampak pada kehidupan masyarakat.

Sementara individu, lingkungan, dan ruang publik masih dapat dikunci untuk mencegah penyebaran wabah, komisi melonggarkan beberapa langkah, termasuk mempersingkat waktu karantina untuk kontak dekat.

Kontak dekat sekunder tidak lagi diidentifikasi dan dimasukkan ke dalam isolasi, ketidaknyamanan utama bagi orang yang terjebak dalam upaya pelacakan kontak ketika sebuah kasus ditemukan.

Area yang dianggap berisiko wabah yang lebih luas sekarang dikategorikan sebagai "tinggi" dan "rendah", menghilangkan kategori "sedang" dalam upaya meminimalkan jumlah orang yang terjebak dalam tindakan pengendalian.

Terlepas dari pelonggaran pembatasan, banyak ahli mengatakan langkah-langkah itu bertahap, dengan beberapa memprediksi China tidak mungkin mulai membuka kembali paling cepat setelah sesi parlemen Bulan Maret.

"Saat ini kasus COVID meningkat di kota-kota besar seperti Guangzhou dan Chongqing, dan kebijakan nol-COVID terus berlanjut, menunjukkan risiko penurunan prospek pertumbuhan jangka pendek," kata analis di bank investasi AS Goldman Sachs dalam sebuah catatan pada Hari Senin.

Menurut Goldman Sachs, "pemerintah kemungkinan akan memulai jalan keluar terakhir China dari lebih dari tiga tahun kebijakan nol-COVID" setelah sesi parlemen pada bulan Maret, dengan asumsi semua persiapan medis dan komunikasi telah dilakukan.