Survei Indostrategic: Elektabilitas PDIP Teratas di DKI Disusul PKS
ILUSTRASI ANTARA

Bagikan:

JAKARTA -  Elektabilitas PDIP di DKI Jakarta berada di posisi teratas dengan capaian 17,3 persen.

Hasil tersebut terpotret dalam survei elektabilitas partai yang dirilis Institute for Democracy & Strategic Affairs (Indostrategic), Senin, 14 November. 

"PDIP masih kokoh menjadi yang teratas 17,3 persen," ujar Direktur Eksekutif Indostrategic, Khoirul Umam dalam keterangannya. 

Sementara di posisi kedua ada PKS dengan 13,5 persen, disusul Gerindra di posisi ketiga dengan 10,4 persen. Posisi keempat diisi Demokrat dengan 6,8 persen, dan kelima ada Golkar dengan 5,9 persen.

Posisi keenam ada NasDem dengan elektabilitas 4,5 persen, diikuti PKB di posisi ketujuh dengan 3,8 persen. Di posisi kedelapan ada PKB dengan 3,8 persen, kesembilan PPP 2,9 persen, sepuluh PSI 1,9 persen, dan terakhir PAN dengan 1,7 persen.

"Elektabilitas NasDem tak terdongkrak meski telah mendeklarasikan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk Pilpres 2024," katanya. 

Survei Indostrategic dilakukan pada periode 8-16 Oktober 2022 melalui wawancara tatap muka. Populasi survei terdiri atas seluruh warga Provinsi DKI Jakarta yang memiliki hak pilih dalam Pemilu, yaitu mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Sebanyak 1.200 responden dipilih secara acak bertingkat (multistage random sampling) yang berasal dari seluruh Kabupaten/Kota di wilayah DKI Jakarta.

Dengan jumlah sampel tersebut, survei menempatkan toleransi kesalahan atau margin of error sebesar ±2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.