Polisi Tunggu Hasil Puslabfor Tentukan Penyebab Api di Balai Kota Bandung
Garis polisi dipasang di Gedung Bappelitbang, Balai Kota Bandung, Jawa Barat. ANTARA/HO-Humas Pemkot Bandung

Bagikan:

JAKARTA - Polrestabes Bandung masih menunggu hasil pemeriksaan dari Pusat Laboratorium Forensik Mabes Polri untuk memastikan penyebab kebakaran Gedung Bappelitbang di Kompleks Balai Kota Bandung, Jawa Barat, Senin 7 November kemarin.

Kasi Humas Polrestabes Bandung AKP Rose mengatakan personel dari Puslabfor Polri telah menyelesaikan olah tempat kejadian perkara (TKP) di lokasi kebakaran tersebut. Sehingga analisis dari Puslabfor Polri menurutnya masih ditunggu untuk bahan penyelidikan.

"Olah TKP-nya sudah beres, kami hanya menunggu proses analisisnya aja, seperti apa hasilnya, nanti disampaikan," kata Rose, di Mapolrestabes Bandung, Senin 14 November dilansir Antara.

Tim dari Puslabfor Mabes Polri masih menganalisis sampel yang diambil dari lokasi kebakaran setelah berkoordinasi dengan Polrestabes Bandung.

Sebelumnya, kebakaran di Balai Kota Bandung terjadi pada Senin (7/11) sekitar pukul 10.30 WIB. Kebakaran tersebut menghanguskan Gedung Badan Perencanaan, Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan (Bappelitbang) Kota Bandung yang ada di sebelah utara Balai Kota, atau di Jalan Aceh.

Namun kebakaran itu tidak berlangsung lama, karena personel dari Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung berhasil memadamkan api dalam waktu sekitar tiga jam.

Di samping itu, Polrestabes Bandung mengamankan seorang pekerja proyek yang ada saat kebakaran terjadi. Kemudian polisi pun telah memeriksa enam saksi terkait kebakaran gedung pemerintahan tersebut.

Pemerintah Kota Bandung memastikan pelayanan publik masih tetap berjalan normal setelah kebakaran itu. Kini Kantor Bappelitbang Bandung rencananya dipindahkan sementara ke eks rumah dinas Ketua DPRD Kota Bandung.