Puslabfor Polri Olah TKP Kebakaran Gedung Biro SDM Polda Kalsel
Ruang Karo SDM Polda Kalsel Kombes M Arif Sugiarto yang hancur akibat kebakaran pada Rabu (25/1/2023) malam. (ANTARA/Bayu Pratama Syahputra)

Bagikan:

BANJARMASIN - Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri  menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) di gedung Biro Sumber Daya Manusia (SDM) Polda Kalimantan Selatan yang terbakar pada Rabu (25/1) malam.

"Kami mengecek kondisi puing bangunan bekas terbakar untuk mengetahui dimana awalnya titik api muncul," kata Kombes Sodiq Pratomo yang memimpin tim Puslabfor Polri di Banjarmasin dilansir ANTARA, Kamis, 26 Januari.

Bersama dua orang anggotanya Kompol Handi dan Kompol Agus, tim Puslabfor memeriksa bangunan di lantai dua yang kondisinya porak poranda akibat peristiwa kebakaran menghanguskan bagian atap gedung.

Tim Puslabfor juga nampak mengambil keterangan beberapa personel Biro SDM untuk mendengarkan kesaksian mereka sebagai bahan penyidikan.

Sementara Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Kalsel Kombes Hendri Budiman mengatakan hasil olah TKP sementara pihaknya dugaan asal akibat akibat arus pendek atau korsleting listrik pada bagian plafon.

"Kesimpulan ini diperkuat dari kondisi atap yang terbakar habis, sementara bangunan gedungnya sendiri tidak," jelas dia.

Hendri mengakui setelah api berhasil dipadamkan pada Rabu malam, anggotanya langsung mengecek lokasi dengan dipimpin personel memiliki sertifikasi olah TKP peristiwa kebakaran.

Apa yang menjadi penyebab kebakaran tetap menjadi kewenangan Puslabfor untuk menyimpulkan.

"Kita tunggu saja hasilnya mungkin dua atau tiga hari ke depan, nanti kami sampaikan perkembangannya," ucap dia.