Akhirnya Gibran Bocorkan Niat Berpolitik Kaesang: Ingin Jadi Eksekutif
Putra bungsu Joko Widodo, Kaesang Pangarep. (Instagram @kaesangp)

Bagikan:

JAKARTA - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka merestui Kaesang Pangarep yang berkeinginan masuk panggung politik. Dia membocorkan adiknya itu ingin mencoba peruntungan maju sebagai eksekutif dalam Pemilu 2024.

"Eksekutif. Sudah saya bocorkan itu," kata Gibran, dikutip dari akun YouTube Berita Surakarta, Kamis 26 Januari.

Gibran tidak menjelaskan lebih jauh ditingkatan eksekutif mana Kesang tertarik menancapkan keinginannya dalam peta perpolitikan Indonesia.

Namu Gibran bilang, hal itu baru diketahuinya juga bersama sang ayah, Presiden Joko Widodo, saat makan bareng di Surakarta belum lama ini.

Gibran mengatakan ingin yang terbaik bagi Kaesang. Dia pun medoakan agar keinginan adiknya itu tercapai.

Terkait penilaian terhadap hasrat Kaesang ini, dia menyerahkan sepenuhnya kepada masyarakat.

"Tapi sekali lagi, Kaesang itu sudah pernah saya kasih tugas, dan berjalan dengan baik. Persis. Itu portofolionya Kaesang," ujarnya.

Sebelumnya, sejumlah partai membuka pintu terhadap Kaesang untuk bergabung. Dari PAN, Gerindra, PDI Perjungan (PDIP) hingga PPP.

PDIP sebagai partai yang dinaungi ayahnya, Presiden Jokowi, juga menitipkan pesan kepada Kaesang. PDIP berharap Kaesang mampu menghadapi tantangan dengan membuktikan niatnya maju ke politik bukan lantaran mendapat 'karpet merah' dari keluarganya.

"Tantangan beliau adalah menunjukkan ke publik, bahwa berpolitiknya bukan karena karpet merah dari bapak atau kakaknya. Tapi publik melihat kredibilitas dan potensinya yang besar dalam memberi warna positif di dunia politik," ujar Ketua DPP PDIP Said Abdullah dalam keterangannya, Rabu, 25 Januari.

"Sehingga rakyat menerimanya bukan karena anak presiden atau adiknya wali kota, tetapi rekam jejak dan potensinya yang sangat baik," sambung Said.