Perintahkan Penarikan Pasukan Dekat Kherson, Menhan Rusia: Prioritaskan Kesehatan dan Kehidupan Prajurit
Menteri Pertahanan Sergei Shoigu, Kepala Staf Militer Rusia Jenderal Valery Gerasimov, Presiden Vladimir Putin dan Jenderal Sergei Surovikin. (Wikimedia Commons/Пресс-служба Президента Российской Федерации)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu memerintahkan pasukannya untuk mundur dari tepi barat Sungai Dnipro, dekat kota strategis Ukraina selatan Kherson, dalam kemunduran signifikan bagi Moskow dan titik balik potensial dalam perang.

Kota Kherson adalah satu-satunya ibu kota regional yang direbut Rusia setelah invasinya pada Februari, dan telah menjadi fokus serangan balasan Ukraina.

Kota ini mengendalikan satu-satunya rute darat ke semenanjung Krimea yang dicaplok Rusia pada 2014, dan muara Dnipro, sungai yang membelah Ukraina. Pejabat Rusia telah mengevakuasi puluhan ribu warga sipil dalam beberapa pekan terakhir.

Wilayah Kherson adalah salah satu dari empat wilayah yang Presiden Vladimir Putin nyatakan pada September, bergabung dengan Rusia selamanya, dan menurut Moskow telah ditempatkan di bawah payung nuklirnya.

Dalam komentar yang disiarkan televisi, komandan pasukan Rusia di medan perang Jenderal Sergei Surovikin melaporkan kepada Menteri Shoigu, tidak mungkin lagi memasok kota Kherson. Dia mengusulkan untuk mengambil garis pertahanan di tepi timur Sungai Dnipro.

"Saya setuju dengan kesimpulan dan proposal Anda. Bagi kami, kehidupan dan kesehatan prajurit Rusia selalu menjadi prioritas. Kami juga harus memperhitungkan ancaman terhadap penduduk sipil," kata Menteri Shoigu kepada Jenderal Surovikin, melansir Reuters 10 November.

"Lanjutkan dengan penarikan pasukan dan ambil semua tindakan untuk memastikan pemindahan personel, senjata, dan peralatan yang aman melintasi Sungai Dnipro," perintahnya.

Sementara, Ukraina bereaksi dengan hati-hati terhadap pengumuman Hari Rabu, mengatakan beberapa pasukan Rusia masih berada di Kherson dan tambahan pasukan Rusia sedang dikirim ke wilayah tersebut.

"Mereka bergerak keluar, tetapi tidak sebanyak yang akan terjadi jika itu adalah penarikan penuh atau pengelompokan kembali," Oleksiy Arestovych, penasihat Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, mengatakan dalam sebuah video yang diunggah online pada Rabu malam.

Pasukan Rusia menghancurkan jembatan saat mereka pergi dan menambang jalan, kata Arestovych.

"Dan untuk saat ini, kami tidak tahu niat mereka - apakah mereka akan terlibat dalam pertempuran dengan kami dan akankah mereka mencoba menguasai kota Kherson? Mereka bergerak sangat lambat," tandasnya.