Sambangi Kediaman Lukas Enembe, KPK dan IDI Bakal Didampingi Kapolda Papua
Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius Fakhiri. (Antara)

Bagikan:

PAPUA - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan tim dokter independen Ikatan Dokter Indonesia (IDI) akan bertemu Gubernur Papua Lukas Enembe pada hari ini, Kamis 3 November siang.

Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius Fakhiri mengatakan, pihaknya akan mendampingi tim KPK dan IDI menyambangi kediaman pribadi Lukas di Jayapura. Tim KPK dan IDI akan lebih dahulu menyambangi Polda Papua.

"Saya akan dampingi saat tim KPK bertemu dengan Gubernur Enembe," kata Fakhiri di Jayapura, dikutip dari Antara, Kamis 3 November pagi.

Diberitakan sebelumnya, Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto mengatakan tim KPK dan IDI akan mengecek kondisi kesehatan Gubernur Papua Lukas Enembe pada pekan ini.

"Insyaallah minggu ini ya kita ke sana," kata Karyoto kepada wartawan di Gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu, 2 November.

Karyoto memastikan KPK sudah koordinasi dengan aparat setempat sebelum memberangkatkan tim. KPK mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa dilaksanakan (pemeriksaan, red) dengan baik tanpa ada halangan apapun," ujarnya.

Meski begitu, Karyoto tidak menjelaskan detail waktu pertemuan tim KPK dan IDI dengan Lukas Enembe. Dia hanya memastikan pengusutan dugaan korupsi terhadap Lukas akan terus berjalan.

"Artinya, kami memang sedang mengumpulkan alat bukti," tandasnya.