Bagikan:

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengatakan tim independen yang berisi dokter KPK dan Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) akan diberangkatkan pekan ini ke Jayapura. Mereka akan mengecek kondisi kesehatan Gubernur Papua Lukas Enembe.

"Insyaallah minggu ini ya kita ke sana," kata Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto kepada wartawan di gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu, 2 November.

Karyoto memastikan KPK sudah berkoordinasi dengan pihak keamanan setempat sebelum memberangkatkan tim. Mereka tak mau terjadi hal yang tidak diinginkan.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa dilaksanakan (pemeriksaan, red) dengan baik tanpa ada halangan apapun," tegasnya.

Meski begitu, Karyoto masih merahasiakan kapan waktu tepat tim itu akan berangkat. Dia hanya memastikan pengusutan dugaan korupsi yang menjerat Lukas akan terus dilaksanakan.

Penggeledahan dan pemanggilan saksi akan terus dilaksanakan. "Artinya, kami memang sedang mengumpulkan alat bukti," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, kubu Lukas Enembe memastikan akan kooperatif untuk mengikuti pemeriksaan yang akan dilaksanakan KPK lewat tim independennya. Mereka juga menjamin keselamatan pihak komisi antirasuah.

"Kami masih menunggu kedatangan mereka (KPK)," kata Kuasa Hukum Lukas, Aloysius Renwarin melalui keterangan tertulis yang dikutip pada Senin, 31 Oktober.