Pengacara Sebut Pemeriksaan Kasus Lukas Enembe Diutamakan KPK
Ilustrasi-(Foto: DOK ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memeriksa Lukas Enembe pada hari ini, Kamis, 3 November. Gubernur Papua itu akan diperiksa di rumahnya, Jayapura.

"Iya (hari ini diperiksa, red). Nanti (pemeriksaannya, red) sebentar pukul 13.00 WIT, (kalau, red) Jakarta pukul 11.00 siang," kata kuasa hukum Lukas Enembe, Aloysius Renwarin kepada wartawan, Kamis, 3 November.

Aloysius mengatakan Lukas akan lebih dahulu diperiksa terkait dugaan korupsi yang menjeratnya. Tim dokter independen yang dibawa KPK baru akan melakukan pemeriksaan jika kondisi kliennya memburuk.

"Biasanya itu mekanisme (pemeriksaan, red) kasus dulu. Baru kalau terganggu ke pemeriksaan kesehatan," tegasnya.

Kubu Lukas memastikan pihaknya akan kooperatif. Aloysius menyatakan kliennya sudah sejak lama mempersilakan komisi antirasuah hadir ke Jayapura dan melaksanakan tugasnya.

"Sudah siap (diperiksa, red). Dari minggu lalu kami sudah buka pintu," ungkapnya.

Sebelumnya, KPK memastikan akan memberangkatkan tim ke Jayapura, Papua untuk memeriksa Lukas Enembe pekan ini. Hanya saja, mereka tak memerinci waktu pastinya.

"Insyaallah minggu ini ya kita ke sana," kata Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto kepada wartawan di gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu, 2 November.

Karyoto memastikan KPK sudah berkoordinasi dengan pihak keamanan setempat sebelum memberangkatkan tim. Mereka tak mau terjadi hal yang tidak diinginkan.

"Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa dilaksanakan (pemeriksaan, red) dengan baik tanpa ada halangan apapun," tegasnya.