Bagikan:

YOGYAKARTA - Pusat Studi Strategi Islam Kerajaan (The Royal Islamic Strategic Studies Centre/RISSC) menempatkan tiga tokoh muslim Indonesia dalam daftar 50 besar tokoh muslim berdampak di dunia 2023. Siapa saja 3 tokoh muslim Indonesia paling berpengaruh itu?

Mengutip The Muslim 500: The World's 500 Most Influential Muslims 2023, daftar ini bertujuan untuk menilai seberapa berpengaruhnya seorang tokoh muslim dalam suatu kelompok sosial. Dampak yang dimaksud bisa berupa kultur, ideologi, keuangan, politik, atau lainnya.

"Tenaga (seseorang) untuk membikin perubahan yang berpengaruh signifikan pada dunia muslim atau umat Islam," tulis publikasi itu.

Cara penilaian besar dampak seorang tokoh yang dijalankan RISSC dikerjakan lewat hasil perhitungan kombinasi antara metrik sosial, opini publik, anggapan pakar, anggapan penduduk, sampai pencapaian seorang tokoh yang bersifat rentang panjang.

RISSC sendiri ialah institusi riset independen yang terafiliasi dengan Institut Aal Al Bayt Kerajaan untuk Pemikiran Islam. RISSC berkantor di Amman, Yordania.

3 Tokoh Muslim Indonesia Paling Berpengaruh

Habib Luthfi bin Yahya

Penceramah Habib Luthfi menempati urutan ke-30 dalam klasifikasi tokoh muslim berpengaruh di dunia secara general. Apabila menurut klasifikasi cendekiawan atau penceramah, namanya timbul di urutan ke-18.

Golongan pengaruh yang disematkan pada penceramah bernama lengkap Al Habib Muhammad Luthfi bin Yahya ini ialah cendikiawan. Berdasarkan RISSC, Habib Luthfi memberikan pengaruh berakibat signifikan bagi dunia muslim dengan mendirikan ratusan sekolah, mesjid, dan zawiyah di Indonesia.

Sekarang ini, Habib Luthfi sebagai tokoh muslim Indonesia yang masuk daftar berpengaruh di dunia tahun 2023 juga pernah menjabat sebagai Ra'is 'Amm di Jam'iyyah Spesialis Thariqah Al Mu'tabarah Al Nahdliyah, Ketua Majelis Ulama Indoneisa (MUI) Jawa Tengah, dan pemimpin Ba Alawi di Indonesia.

Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya)

Gus Yahya berada di jajaran ke-19 dari 50 nama tokoh muslim paling berpengaruh di dunia versi RISSC. Sama seperti Jokowi, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (Ketum PBNU) ini menempati urutan ke-9 pada golongan tokoh cendekiawan atau penceramah.

RISSC memasukkan Gus Yahya dalam tokoh yang berpengaruh dalam bidang administratif, politik, dan pengajaran. Besaran dampaknya disebut berupa pemimpin dari sekitar 50 juta member PBNU.

Tahun ini, menjadi tahun ke-3 bagi Gus Yahya ikut dalam daftar tokoh muslim berpengaruh di dunia yang sebelumnya juga pernah diraihnya pada 2022 dan 2021.

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Tahun ini, Presiden Indonesia Jokowi menempati urutan ke-13 tokoh muslim paling berdampak di dunia. Kemudian di klasifikasi tokoh politik, {eks} Gubernur DKI Jakarta ini menempati urutan ke-9.

RISSC menggolongankan Jokowi dalam daftar tokoh muslim yang berdampak dalam bidang politik. Dampaknya disebut berupa pemimpin dari 280 juta penduduk Indonesia.

Untuk Jokowi, raihan ini menjadi gelar yang ke-4 kalinya. Secara ikut serta, Jokowi juga pernah ditempatkan RISSC sebagai tokoh muslim berpengaruh di dunia pada tahun 2022 di posisi 13, tahun 2021 di posisi 12, dan tahun 2020 di posisi 13.

Jadi setelah mengetahui 3 tokoh muslim Indonesia paling berpengaruh, Simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!