Mengenal Habib Luthfi Bin Yahya, Ulama Kharismatik Sekaligus Ketua Forum Sufi Internasional
Ilustrasi Habib Luthfi bin Yahya (Commons Wikimedia)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Muktamar Sufi Internasional digelar di Pekalongan pada Selasa, 29 Agustus 2023. Acara tersebut akan dipimpin oleh Habib Muhammad Luthfi Ali bin Yahya yang merupakan Anggota Dewan Pertimbangan Presiden. Artikel berikut ini akan memberikan informasi lebih lanjut untuk mengenal Habib Luthfi Bin Yahya.

Mengenal Habib Luthfi Bin Yahya

Dr. Habib Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya atau sering disapa Habib Luthfi bin Yahya adalah ulama yang lahir di Pekalongan, Jawa Tengah, pada 10 November 1946. Gelar Habib yang tersemat di namanya didapatkan lantaran ia merupakan syarifah atau keturunan Nabi Muhammad SAW. Sang ayah bernama al-Habib ‘Ali al-Ghalib yang juga menyandang gelar habib.

Habib Lutfi menikahi Syarifah Salma binti Hasyim dan dikaruniai lima orang anak yakni Syarif Muhammad Bahauddin, Syarifah Zaenab, Syarifah Fathimah, Syarifah Ummi Hanik, dan Syarif Husain.

Ayah Habib Lutfi yakni Habib Hafidz Ali al-Ghalib juga menyandang status sebagai pendakwah besar sekaligus tokoh yang dipertimbangkan. Kondisi tersebut menjadikan sang ayah menekankan pendidikan Habib Lutfi ke pendidikan agama, salah satunya adalah Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang, Jepara.

Selain itu Habib Lutfi juga pernah menempuh pendidikan di pondok pesantren lain seperti di Jawa Tengah, di Cirebon, di Indramayu. Ia juga pernah mengenyam pendidikan ke Mekah, Madinah, dan beberapa negara lain. Selama pendidikan tersebut Habib Luthfi banyak belajar ilmu tentang syari’ah, tarekat, dan tasawuf dari ulama besar, kepala wali Allah, serta guru-guru agama besar.

Sebagai seorang ulama sekaligus pendakwah, Habib Luthfi kerap menggelar pengajian di Pekalongan. Kegiatan tersebut jadi salah satu bentuk dakwahnya di wilayah Pekalongan sekitarnya.

Dikutip dari situs NU Online, Habib Lutfi juga dikagumi lantaran ilmu dan kealimannya. Di dalam negeri, Habib Lutfi juga disegani oleh banyak masyarakat dari semua kalangan, mulai masyarakat biasa hingga tokoh penting kenegaraan.

Habib Lutfi yang merupakan salah satu tokoh Nahdlatul Ulama itu juga pernah menjabat sebagai Ketua MUI Jawa Tengah (2005-2010). Namanya juga masuk sebagai salah satu Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) dengan masa jabatan 2019-2024. Pelantikannya digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat.

Tak sampai dalam negeri saja, Habib Luthfi juga disegani dan diperhitungkan di kancah internasional. Pasalnya ia dinobatkan sebagai salah satu tokoh Muslim paling berpengaruh di dunia karena namanya masuk ke daftar 500 Muslim berpengaruh dunia versi Pusat Strategis Islami Kerajaan Yordania. Dalam daftar yang diterbitkan pada Oktober 2018 tersebut Habib Luthfi ada di urutan ke-37.

Lalu pada tahun 2019, ia diangkat sebagai Ketua Forum Sufi Internasional. Penobatan tersebut dilakukan secara aklamasi dalam Konferensi Ulama Sufi Internasional yang kala itu diadakan di Pekalongan, Jawa Tengah.

Seperti diketahui, Muktamar Sufi Internasional (World Sufi Assembly Conference) akan dilaksanakan di Pekalongan, Jawa Tengah mulai tanggal 29-31 Agustus 2023 dengan tema karya sufi kontemporer dalam dunia yang dinamis.

Selain mengenal Habib Luthfi Bin Yahya, kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.