Unggul Tipis, Lula Kalahkan Bolsonaro dalam Pemilihan Presiden Brasil
Presiden Brasil Lula. (Wikimedia Commons/Marcelo Freixo)

Bagikan:

JAKARTA - Politisi sayap kiri Luis Inacio Lula da Silva mengalahkan Presiden Jair Bolsonaro dalam pemilihan putaran kedua pada Hari Minggu, menandai Lula yang menakjubkan dan berakhirnya pemerintahan paling sayap kanan Brasil dalam beberapa dekade.

Lula memenangkan 50,9 persen suara dibandingkan dengan 49,1 persen untuk Bolsonaro, kata Mahkamah Agung Pemilu, yang menyatakan mantan Presiden Lula sebagai pemenang. Pelantikan Lula yang berusia 77 tahun dijadwalkan pada 1 Januari.

Bolsonaro (67), yang selama bertahun-tahun membuat klaim tak berdasar bahwa sistem pemungutan suara Brasil rentan terhadap penipuan, awalnya tetap diam tentang hasilnya. Otoritas pemilihan mengantisipasi dia membantah hasilnya, kata sumber kepada Reuters, dan membuat persiapan keamanan jika pendukungnya melakukan protes.

"Demokrasi," tulis Lula di Twitter, di atas foto bendera Brasil di bawah tangan kirinya, jari kelingkingnya hilang, akibat kecelakaan yang dideritanya sebagai pekerja logam beberapa dekade lalu, melansir Reuters 31 Oktober.

Dia disambut oleh para pendukung yang gembira di Paulista Avenue Sao Paulo menjelang pidato. Sementara, Wakil Presiden terpilih Geraldo Alckmin dan pembantu kampanye melompat-lompat meneriakkan, "Sudah waktunya Jair, sudah waktunya untuk pergi," dalam sebuah video yang beredar di media sosial.

Lula telah bersumpah untuk kembali ke pertumbuhan ekonomi yang didorong oleh negara dan kebijakan sosial, yang membantu mengangkat jutaan orang keluar dari kemiskinan ketika dia sebelumnya menjadi presiden dari 2003 hingga 2010.

Dia juga berjanji untuk memerangi perusakan hutan hujan Amazon, yang sekarang mencapai puncaknya dalam 15 tahun, menjadikan Brasil pemimpin dalam pembicaraan iklim global.

Seorang mantan pemimpin serikat yang lahir dalam kemiskinan, Lula mengorganisir pemogokan terhadap pemerintah militer Brasil pada 1970-an. Dua periode kepresidenannya ditandai oleh ledakan ekonomi, didorong oleh komoditas dan dia meninggalkan kantor dengan rekor popularitas.

Namun, Partai Buruhnya kemudian dilanda resesi mendalam dan skandal korupsi yang memecahkan rekor, memenjarakannya selama 19 bulan atas tuduhan suap, yang dibatalkan oleh Mahkamah Agung tahun lalu.

Dalam masa jabatan ketiganya, Lula akan menghadapi ekonomi yang lesu, keterbatasan anggaran yang lebih ketat, dan legislatif yang lebih bermusuhan.