Bagikan:

JAKARTA - Jet tempur generasi kelima Sukhoi Su-57 Rusia yang ditingkatkan melakukan penerbangan debutnya pada 21 Oktober, kantor pers United Aircraft Corporation (UAC), Hari Selasa.

"Biro Desain Sukhoi di UAC melakukan pekerjaan untuk mengembangkan lebih lanjut Su-57. Pada 21 Oktober, pesawat generasi kelima Su-57 yang ditingkatkan melakukan penerbangan debutnya di lapangan terbang Gromov Flight Testing Institute," jelas kantor pers melansir TASS 25 Oktober.

"Pesawat itu diterbangkan oleh pilot uji Biro Desain Sukhoi, Pahlawan Rusia Sergey Bogdan. Penerbangan berlangsung 56 menit dan berjalan tanpa hambatan," sambung pernyataan itu.

Jet tempur Su-57 juga menguji peralatan onboard dengan fungsionalitas yang diperluas, dukungan AI atau kecerdasan buatan kru dan opsi untuk menggunakan berbagai jenis senjata baru, kata UAC.

"Pesawat juga menawarkan kemungkinan untuk memasang second stage engine," bunyi pernyataan itu.

Sukhoi Su-57 adalah pesawat tempur multiperan generasi kelima buatan Rusia yang dirancang untuk menghancurkan semua jenis target udara, darat dan laut.

Jet tempur Su-57 memiliki fitur teknologi siluman dengan penggunaan material komposit yang luas, mampu mencapai kecepatan jelajah supersonik dan dilengkapi dengan peralatan radio-elektronik onboard paling canggih, termasuk komputer onboard yang kuat (electronic second pilot), sistem radar tersebar di seluruh tubuhnya dan beberapa inovasi lainnya, khususnya, persenjataan yang ditempatkan di dalam badan pesawat.

Menariknya, sistem kecerdasan buatan Su-57 mengasumsikan beberapa fungsi pilot, termasuk piloting dan persiapan penggunaan senjata.