Sebut Rusia Gunakan Jet Tempur Sukhoi Su-57 di Ukraina, Menhan Shoigu: Senjata yang Sangat Kuat
Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu. (Wikimedia Commons/Mil.ru/Ministry of Defence)

Bagikan:

JAKARTA - Jet tempur Sukhoi Su-57 terbaru telah menunjukkan kinerja yang cemerlang dalam persenjataan, selama operasi militer khusus di Ukraina, kata Menteri Pertahanan Sergei Shoigu, Minggu.

"Kami dapat (mengatakan), kami telah menggunakan jet tempur Su-57. Pesawat ini telah menunjukkan dirinya dengan cemerlang. Pesawat ini memiliki tingkat perlindungan yang sangat tinggi terhadap berbagai sistem pertahanan udara, memiliki perlindungan terhadap rudal," ujarnya dalam wawancara dengan saluran TV Rossiya-1, seperti melansir TASS 21 Agustus.

"Ada banyak barang di sana. Yang terpenting, senjatanya sangat kuat. Kami juga mencoba dan menguji senjata ini, mereka bekerja dengan sangat baik, saya tidak dapat menemukan kata lain untuk itu," tandasnya.

Pada Bulan Mei, sebuah sumber melaporkan kepada TASS tentang penggunaan jet tempur Su-57 oleh Angkatan Udara Rusia selama operasi khusus militer di Ukraina.

Diketahui, jet tempur Sukhoi Su-57 diuji untuk pertama kalinya dalam operasi tempur aktual di Suriah pada 2018.

Su-57 dirancang untuk menghancurkan semua jenis target udara, darat dan permukaan. Pesawat ini memiliki kecepatan jelajah supersonik, persenjataan di dalam pesawat, lapisan penyerapan radio (teknologi siluman), serta peralatan onboard yang kompleks terbaru.