Presiden Jokowi Gedung-gedung Mulai Terbangun di IKN Januari Nanti
Presiden Jokowi berbincang dengan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau Titik Nol Ibu Kota Nusantara di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur/ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji perkembangan pembangunan infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) saat meninjau langsung di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Dia menyatakan keyakinan pada Januari nanti gedung-gedung sudah terbangun di IKN.

Presiden menjelaskan yang terbangun pada Januari nanti bukan hanya gedung-gedung pemerintah, tetapi juga yang diperuntukkan dan dipergunakan sektor swasta, sebagai penanda pusat perekonomian baru di wilayah IKN.

"Nanti bisa kita lihat di bulan Januari insya Allah bukan hanya gedung-gedung nya pemerintah, tetapi private sector/sektor swasta, investor, PPP (public private partnership), sudah pada masuk dan mulai. Ini yang nanti akan menggeliatkan IKN betul-betul sebagai pusat perekonomian baru dan kita harapkan ini terus bergerak," kata Jokowi dikutip ANTARA dari keterangan resmi Biro Pers Sekretariat Presiden, Selasa, 25 Oktober.

Jokowi mengatakan pembangunan sejumlah infrastruktur berkembang dengan baik seperti pembangunan bendungan, pengembangan lahan, serta pembukaan akses jalan.

"Land development (pembukaan lahan-red) untuk kementerian, untuk gedung wakil presiden, untuk gedung presiden, semuanya sudah saya lihat dalam proses persiapan-persiapan. Pembangunan infrastruktur jalan juga sudah dimulai, utamanya yang jalan tol dari IKN ke Balikpapan. Saya kira ini progres yang baik," ujar Jokowi.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi beserta rombongan melakukan kunjungan kerja ke IKN melewati jalur laut yang akan menjadi wilayah transportasi logistik ke ibu kota baru tersebut.

Kepala Negara menjelaskan pelabuhan di wilayah tersebut nantinya juga akan dikembangkan untuk transportasi publik.

"Sementara kita pakai dulu untuk logistik dan nantinya menurut saya di pelabuhan yang sekarang ada ini, ini kan pelabuhan lama, ini akan dikembangkan juga untuk penumpang dan logistik," ujar Jokowi.

Dengan berbagai perkembangan yang ditemui di lapangan, Presiden semakin optimistis Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-78 RI (HUT RI) pada 17 Agustus 2024 dapat digelar di IKN.

"Ya kalau kerjanya seperti ini saya kira insyaallah bisa, harus optimistis," kata Presiden Jokowi.