Presiden Jokowi Susuri Jalur Laut Menuju IKN
Presiden Jokowi dan Kepala Otorita IKN Bambang Susantono menelusuri jalur laut dengan menggunakan KRI Escolar-871 menuju Pelabuhan Cita Sabut, Penajam Paser Utara (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menelusuri jalur laut dengan menggunakan KRI Escolar-871 untuk menuju Pelabuhan Cita Sabut, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, lokasi Ibu Kota Nusantara (IKN).

Jokowi menghabiskan waktu tempuh satu jam dari Pelabuhan Semayang, Kota Balikpapan hingga sampai di Pelabuhan Cita Sabut, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Berdasarkan keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden, Jokowi dan rombongan dalam perjalanan tersebut juga melintasi Jembatan Pulau Balang yang menghubungkan Balikpapan dan IKN.

“Ini menelusuri jalur logistik untuk IKN,” kata Jokowi dikutip ANTARA, Selasa, 25 Oktober.

Dalam beberapa kunjungan kerja sebelumnya, Presiden biasanya menggunakan jalur darat dari Balikpapan menuju IKN dengan waktu tempuh dua jam.

Di IKN, Presiden diagendakan untuk meninjau sejumlah infrastruktur seperti Land Development, Bendungan Sepaku Semoi, hingga Persemaian Mentawir.

Setelah meninjau IKN, Presiden dan rombongan akan menuju Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kota Balikpapan, dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU, untuk kemudian lepas landas menuju Jakarta dengan menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia-1.

Turut mendampingi Presiden dalam perjalanan ke IKN, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, dan Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor.