Progres Pembangunan IKN Nusantara Terbaru, dari Lahan hingga Rumah Susun untuk Pekerja
Ilustrasi Titik Nol IKN Nusantara (ANTARA/M Ghofar)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara terus dilakukan. Progres pembangunan IKN Nusantara pun terus dilaporkan.

Progres Pembangunan IKN Nusantara

Pembangunan megaproyek di Kalimantan Timur terkait IKN pun dipantau secara langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Terbaru, Presiden bertolak dari Jakarta menuju Kaltim untuk melihat perkembangan pembangunan IKN hari ini, Selasa, 25 Oktober.

Seperti diketahui, Pemerintah tengah membangun IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Ke depannya pemerintahan akan dijalankan melalui IKN.

Saat ini pembangunan infrastruktur IKN tahap 1 resmi dimulai, ditandai dengan penandantanganan kontrak pekerjaan yang dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), pada tanggal 29 Agustus 2022.

Agenda Presiden di IKN Nusantara

Dalam lawatannya kali ini, Presiden Jokowi didampingi Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono. Rombongan Presiden berangkat melalui jalur laut di Pelabuhan Semayang menuju IKN.

Dikutip dari Kompas, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan bahwa progres pembangunan IKN masuk dalam tahap land clearing atau pembersihan lahan. Sejumlah rusun juga telah dibangun untuk para pekerja yang menangani proyek tersebut.

Rencananya, di IKN akan dibangun 22 buah rusun. Sedangkan saat ini dua rusun telah berdiri sisanya akan dibangun secara bertahap.

Pembangunan Fisik di IKN

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono juga memastikan bahwa pembangunan fisik di IKN terus dilakukan, mencakup pembangunan infrastruktur dasar. Pihaknya juga memastikan ketersediaan air baku dengan membangun Bendungan Sepaku Semoi.

“Karena air merupakan salah satu yang esensial untuk Kota Nusantara dan untuk air baku ini, kami menyiapkan Bendungan Sepaku Semoi,” katanya dalam acara Pre Market Sounding Proyek Ibu Kota Negara di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, 18 Oktober 2022, dikutip VOI dari Tempo.

Terkait Bendungan Sepaku Semoi, Kepala Satuan Tugas Pembangunan Bendungan Sepaku-Semoi Badan Wilayah Sungai (BWS) Kalimantan IV Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Zulaidi sempat melaporkan progres pembangunannya.

Ia mengatakan bahwa progres pembangunan bendungan tersebut telah 70 persen dan ditargetkan Desember 2022 selesai. Sebelumnya sempat terkendala masalah pembebasan lahan untuk pembangunan bendungan, namun ditargetkan di bulan Oktober 2022 semua selesai.

Pembangunan bendungan tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan air bersih, namun digunakan untuk pengendalian banjir dan dijadikan sebagai daerah pariwisata waduk dan konversi Daerah Aliran Sungai Tengin Baru di Kecamatan Sepaku.

Pembangunan Titik Nol IKN

Pembangunan Titik Nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara saat ini juga tengah dilakukan sehingga ditutup sementara waktu untuk umum. Di hari biasa, lokasi tersebut menjadi daya tarik masyarakat sekitar.

Di kawasan Titik Nol IKN sebelumnya juga telah dibangun pendopo yang dipercantik dengan ornamen khas Kaltim. Di sisi kanan pendopo, kurang lebih 100 meter, terdapat tulisan besar "Titik Nol Nusantara". Titik ini yang dijadikan sebagai lokasi wisata oleh masyarakat sekitar.

Sedangkan di sisi kanan tulisan Titik Nol Nusantara terdapat sebuah papan petunjuk arah yang mengarah ke beberapa kota besar di Indonesia seperti Rote, Papua, Jakarta dan lainnya.

Untuk sampai di lokasi Titik Nol IKN, wisatawan harus melewati puluhan anak tangga yang dimulai dari halaman depan pendopo.

Itulah informasi terkait progres pembangunan IKN Nusantara. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.