Sejumlah Pejabat Kemensos Diamankan KPK Terkait Bansos COVID-19
Ilustrasi (Foto: Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nurul Ghufron menyebut ada beberapa pejabat atau pihak Kementerian Sosial (Kemensos) yang diamankan dalam operasi tangkap tangan (OTT) terkait pelaksaan bantuan sosial (Bansos). Saat ini, mereka masih dalam proses pemeriksaan intensif.

"KPK mengamankan beberapa orang yang diduga merupakan pejabat Kemensos berkaitan dengan tipikor," ujar Ghufron dalam keterangannya, Sabtu, 5 Desember.

Tapi terkait jumlah pasti yang diamankan dan identitasnya, Ghufron enggan menyebutkanya. Termasuk soal barang bukti dan perkara dugaan korupsi tersebut.

Alasanyan, sejauh ini pihaknya masih memeriksa para terduga pelaku tersebut. Nantinya, semua perkembangan akan disampaikan malam ini.

"Hingga saat ini kami masih melakukan pemeriksaan, namun terkait siapa saja mereka, berapa barang bukti uang yang kami sita, kami akan ekpose dan konpers yang akan dilaksankan nanti malam," kata dia.

Sebelumnya, Ketua KPK Firli Bahuri membenarkan perihal operasi tangkap tangan (OTT) terhadap pejabat Kementerian Sosial (Kemensos). Penindakan ini dilakukan pada Jumat, 4 Desember dari pukul 23.00 WIB hingga 02.00 WIB.

"Betul, dugaan korupsi PPK telah menerima hadiah dari para venndor PBJ bansos di Kemensos RI dalam penanganan pandemi COVID-19," kata dia.