Jabar Bergerak Siap Bantu Warga Terdampak Bencana Alam
Ketua Umum Jabar Bergerak Atalia Praratya memberi keterangan kepada wartawan di Indramayu, Jawa Barat, Selasa (18/10/2022). (ANTARA/Khaerul Izan)

Bagikan:

INDRAMAYU - Ketua Umum Jabar Bergerak Atalia Praratya mengatakan memasuki cuaca ekstrem, tim Jabar Bergerak siap membantu masyarakat di wilayah provinsi tersebut yang terdampak bencana alam.

"Kami siapkan tim untuk membantu masyarakat. Jabar Bergerak kaitannya soal kebencanaan selalu terdepan," kata Atalia di Indramayu dilansir ANTARA, Selasa, 18 Oktober.

Atalia mengatakan Jabar Bergerak akan selalu siap siaga apabila terjadi kejadian bencana alam di semua wilayah Jawa Barat, mengingat semua daerah terdapat tim.

Menurutnya dari data yang ada setiap tahunnya di Jawa Barat terdapat 2.700 kebencanaan, dan bahkan bisa lebih, untuk itu pihaknya akan terus membantu masyarakat yang tertimpa musibah.

Kejadian longsor di Bogor belum lama ini kata Atalia, Jabar Bergerak turun meninjau langsung bencana longsor dan para relawan bersama dengan instansi pemerintah setempat membangun dapur umum hingga melakukan trauma healing terhadap para korban.

"Selain kebencanaan, kami juga hadir di setiap momen saat masyarakat butuh bantuan, seperti momen mudik, saat pandemi COVID-19, dan lain sebagainya," tuturnya.

Atalia menegaskan, Jabar Bergerak akan melakukan upaya apa pun yang bisa dilakukan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

Saat ini, kata Atalia yang merupakan istri Gubernur Jawa Barat M. Ridwan Kamil, Jabar Bergerak melakukan edukasi kebencanaan kepada para pelajar dengan mendatangi sekolah-sekolah.

Edukasi tersebut turut menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat sebagai upaya dini meminimalisir risiko bencana.

"Dari 27 daerah, kami telah mengedukasi kebencanaan di 19 titik dan akan terus dikembangkan," katanya.