Keluarga Benarkan Jenazah yang Ditemukan di Jembatan Besi Jakbar Adalah Jasad Adzra, Mahasiswi IPB Korban Banjir Bogor
Petugas BPBD mengevakuasi jasad mahasiswi IPB Adzra Nabila di Jembatan Besi Jakarta Barat/ Foto; IST

Bagikan:

BOGOR - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Jawa Barat mengatakan pihaknya sudah mendapat konfirmasi pihak keluarga terkait penemuan jenazah Adzra Nabila (20), mahasiswi IPB, yang ditemukan oleh tim SAR di Jembatan Besi Kecamatan Tambora, Jakarta Barat pada Minggu pagi, 16 Oktober.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor Theofilo Patrocinio Freitas, keluarga telah meyakini mayat yang ditemukan dengan ciri-ciri menggunakan kemeja hitam dan gelang hitam di tangan kanan di Tambora, Jakarta Barat, adalah jenazah anaknya.

"Jadi sudah dikonfirmasi keluarga, benar itu Adzra Nabila, mahasiswi IPB yang menjadi korban saat hujan di Kota Bogor. Kita masih menunggu dari keluarga mau dibawa ke rumah sakit atau ke rumah duka langsung. Akan kami kabarkan lagi," katanya.

Ia menjelaskan bahwa BPBD dan tim SAR gabungan sebanyak 200 orang petugas terus berkoordinasi dalam lima hari pencarian ini untuk peristiwa diduga Mahasiswi IPB Adzra Nabila bersama motor skutiknya bernomor polisi F 5137 FHM, yang terperosok ke dalam drainase di belokan Jalan Dadali, Kelurahah Tanahsarel, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor.

Peristiwa itu terjadi pada Rabu sore, 12 Oktober, saat kondisi hujan deras mengguyur Kota Bogor.

Tim SAR hingga saat ini telah membongkar longsoran di sekitar lokasi menggunakan alat berat, hingga menyusuri aliran Sungai Ciliwung, dari titik lokasi hingga wilayah Pondok Bambu, Kacamata Cibinong Kabupaten Bogor. Dilanjutkan pencarian hingga ke Manggarai Jakarta.

"Ternyata, ditemukan sudah sampai Jakarta Barat. Tugas pencarian berarti sudah selesai. Kami terus berkoordinasi untuk kepulangan jenazah ke keluarganya," kata Theofilo Patrocinio Freitas.

Penemuan jenazah Adzra bermula dari tim Basarnas di Jakarta Barat yang dipimpin oleh Rizki, bersama 12 orang anggotanya dan pihak Polres Jakarta Barat mendapati ada temuan mayat perempuan pada Minggu, 16 Oktober, pukul 8.00 WIB.

Selanjutnya, tim mengidentifikasi temuan mayat itu dan tidak menemukan tanda-tanda penganiayaan sehingga kemudian mayat dibawa ke RSCM Jakarta guna dilakukan visum et repertum (VER).

Dari hasil identifikasi tersebut, tim menduga penemuan mayat perempuan ini berkaitan dengan hilangnya Adzra Nabila yang meninggalkan rumah pada Rabu, 12 Oktober pukul 10.00 WIB dan hingga pukul 18.00 WIB sudah tidak bisa dihubungi oleh pihak keluarga.

Di hari yang sama, ada video amatir pengendara mobil yang tidak sengaja merekam seseorang terperosok ke dalam drainase di belokan Jalan Dadali Kota Bogor. Sejak hari itu, petugas gabungan segera melakukan pencarian.