Air Mata Iringi Perpisahan Anies-Riza dengan ASN Pemprov DKI
Suasana perpisahan Anies Baswedan-Riza Patria dengan ASN Pemprov DKI (Diah Ayu/VOi)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria resmi berpisah dengan para aparatur sipil negara (ASN) Pemprov DKI Jakarta di Balai Kota DKI petang ini.
 
Hari ini merupakan hari terakhir Anies dan Riza berkantor di Balai Kota DKI Jakarta, sebelum masa jabatannya berakhir pada Minggu, 16 Oktober mendatang.
 
Momen haru tampak jelas tergambar dalam acara perpisahan yang digelar di halaman kantor Anies ini. Beberapa ASN, pejabat Pemprov DKI, tamu undangan, Fery Farhati yang merupakan istri Anies tak kuasa menahan air matanya.
 
Dalam sambutan pada acara perpisahan ini, Anies juga tak bisa menyembunyikan suara paraunya hingga matanya berkaca-kaca. Anies memandang, banyak kenangan yang tersimpan selama lima tahun dirinya menjabat.
 
"Sore hari ini berkumpul bersama, kita merasakan bahwa 5 tahun sebagai sebuah perjalanan yang penuh dengan kesan dan penuh dengan kenangan. Lima tahun kita menangani banyak tantangan. Lima tahun kita juga meraih banyak capaian," kata Anies, Jumat, 14 Oktober.
 
Anies mengucapkan terima kasih kepada sejumlah pihak, mulai dari jajaran anak buahnya di Jakarta hingga partai pengusung dirinya saat Pilkada DKI Jakarta tahun 2017 lalu.
 
Anies lalu mengulas sejumlah program kerja yang telah dijalankan selama memimpin Jakarta. Kini, ia menyebut Jakarta adalah sebuah kota global dan setara dengan kota-kota maju lainnya.
 
"Mengapa ini bisa terjadi? Jawabannya sederhana, karena pemerintah provinsi DKI Jakarta telah naik kelas menjadi aparatur pemerintah kelas dunia. Aparat pemerintah yang wawasannya global, tolak ukur kinerjanya global, yang profesionalismenya tingkat dunia, yang keterbukaan semangat kolaborasinya menjadi teladan bagi semua," urainya.
 
Usai pidato perpisahan selesai, lagu dari Endang Soekamti yang berjudul "Sampai Jumpa" mengiringi kegiatan salam-menyalam sebelum berpisah.
 
 
Anies mulanya mendatangi kedua orang tuanya untum mencium tangan, dilanjutkan bersalaman dengan Riza. Kemudian, para ASN mengerubungi Anies. Beberapa di antaranya turut menyalakan lampu sorot pada ponsel masing-masing.