Momen Pati-Pamen Polri Naik Bus dari PTIK Sebelum Menghadap Jokowi di Istana
Pejabat Polri seluruh Indonesia kumpul di PTIK Jakarta jelang berangkat bersama menuju Istana bertemu Jokowi, Jumat 14 Januari. (VOI-Rizky)

Bagikan:

JAKARTA - Pejabat tinggi Polri seluruh Indonesia berkumpul di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Jakarta. Mereka bakal bersama-sama menghadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat 14 Oktober siang.

Pantauan VOI, ratusan polisi mulai dari perwira menengah (pamen) hingga perwira tinggi (pati) bintang dua berkumpul di PTIK. Mereka akan menuju Istana Negara menumpangi bus.

Setidaknya ada 13 bus yang terparkir di kawasan PTIK. Enam di antaranya diperuntukan para Kapolda.

Para kapolda yang terlihat antara lain, Kapolda Sulawesi Selatan Irjen Nana Sudjana dan Kapolda Jawa Tengah Irjen Ahmad Luthfi.

Rencananya, Kapolda dan Kapolres seluruh Indonesia itu akan berangkat pukul 11.00 WIB. Kemudian, dilanjutkan ibadah salat Jumat di Krida Bhakti Sekertariat Negara (Setneg) Jakarta.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan petinggi Korps Bhayangkara dipanggil untuk merapat ke Istana Negara, Jumat, 14 Oktober. Mereka bakal diberikan pengarahan oleh Presiden Jokowi.

Pemanggilan itu tertuang dalam surat telegram rahasia (STR) nomor STR/764/X/HUM.1./2022 tertanggal Rabu 12 Oktober 2022.

"Hasil rakor melalui zoom cloud meeting hari Rabu, 12 Oktober 2022, pukul 10.00 WIB yang dipimpin Kasetpres, terkait rencana pengarahan Presiden kepada jajaran Kepolisian," bunyi STR, dikutip VOI, Kamis, 13 Oktober.

Dalam STR itu, pengarahan dari Jokowi direncanakan berlangsung pukul 14.00 WIB. Mereka yang akan menjalani pengarahan dari Kapolri, pejabat utama Mabes Polri, Kapolda dan Kapolres seluruh Indonesia.

Para petinggi Polri yang nantinya hadir dalam pengarahan dilarang membawa ADC atau ajudan serta ponsel.

Mereka hanya diperkenankan membawa buku catatan dan pulpen. Sedangkan pakaian yang dikenakan hanya PDL tanpa tutup kepala dan tongkat komando. 

Dalam STR juga disebutkan para pejabat tinggi Polri dibatasi membawa kendaraan pribadi. Alasannya, lahan parkir yang terbatas di Istana Negara Jakarta.

"Pati bintang tiga ke atas dapat memasuki Istana melalui pintu 1 Jalan Veteran. Untuk Pati bintang dua ke bawah disiapkan kendaraan bus dengan titik kumpul di PTIK pukul 10.00 WIB," demikian STR.