Lapor Temuan ke Jokowi Siang Ini, Mahfud MD Didampingi Seluruh Anggota TGIPF Tragedi Kanjuruhan
Kawasan Stadion Kanjuruhan di Kabupaten Malang Jawa Timur usai derby Jatim 2022 merengut 132 nyawa. (Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Menko Polhukam sekaligus Ketua Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Kanjuruhan, Mahfud MD, akan menyerahkan langsung hasil temuan investigasi Tragedi Kanjuruhan yang merengut 132 jiwa kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Anggota TGIPF Kanjuruhan, Akmal Marhali, mengatakan seluruh tim invetigasi akan mendampingi Mahfud MD menyampaikan laporan langsung ke Jokowi di Istana Negara pada Jumat 14 Oktober siang.

"Iya, [semua] ke Istana," kata Akmal kepada VOI, Jumat 14 Oktober.

Hasil laporan TGIPF dijadwalkan akan diumumkan Presiden langsung Jokowi ke publik. Akmal yang juga menjabat Koordinator Save Our Soccer (SOS) bilang, penyampaiannya kemungkinan akan berlangsung setelah pertemuan dengan TGIPF siang ini.

Seperti diketahui, Mahfud MD menyebutkan TGIPF telah merampungkan tugasnya melakukan investigasi Tragedi Kanjuruhan pada Kamis 13 Oktober. Laporan akan diserahkan ke Presiden Jokowi hari ini.

Mahfud mengatakan hasil belum akan dibuka meski TGIPF sudah menyelesaikan laporan mereka kemarin sore. Penyebabnya, tim harus melaporkan temuan mereka lebih dulu pada Presiden Jokowi.

"Laporan belum bisa dibuka ke publik sebelum laporan tersebut disampaikan kepada presiden," tulis Mahfud melalui Twitternya @mohmahfudmd, Kamis, 13 Oktober.

Terpisah, sebelumnya Jokowi juga belum mau banyak bicara ketika ditanya soal Tragedi Kanjuruhan. Dia mengaku masih menunggu hasil dari TGIPF yang dibentuknya.

"Saya baru bisa menyampaikannya besok siang," kata Jokowi kepada wartawan di Bandung, Jawa Barat, Kamis, 13 Oktober.