Ferdy Sambo Makin Dekat dengan Kursi Pesakitan, Berkasnya Sudah Dilimpahkan ke PN Jaksel
Ferdy Sambo saat dilimpahkan ke Kejaksaan Agung (Foto dok Kejaksaan)

Bagikan:

JAKARTA - Kejaksaan Agung (Kejagung) bakal melimpahkan dokumen dan mendaftarkan kasus pembunuhan berencana Brigadir J dan obstruction of justice ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada hari ini. Sehingga, dua kasus yang melibatkan Ferdy Sambo segera disidangkan.

"Tentunya yang dilimpahkan adalah berkas perkara dan surat dakwaan, barang bukti dilimpahkan," ujar Kapuspenkum Kejagung Ketut Sumedana saat dikonfirmasi, Senin, 10 Oktober.

Dokumen yang dimaksud antara lain berkas perkara, surat dakwan, dan barang bukti dua kasus tersebut.

Sementara untuk Ferdy Sambo dan para tersangka lainnya tetap ditahan di rutan masing-masing. Semisal eks Kadiv Propam yang mendekam di rutan Mako Brimob.

"Semua dilimpahkan akan tetapi untuk tersangka masih dititipkan di Mako Brimob untuk keamanan dan memudahkan menghadirkan terdakwa di pengadilan," kata Ketut.

"Jadi tetep tersangkanya ada di sana secara fisik, tapi secara yuridis itu sudah beralih kewenangan penahana pada majelis hakim," sambungnya.

Sebagai informasi, dalam kasus pembunuhan berencana Brigadir J ada lima orang tersangka. Mereka adalah Ferdy Sambo, Putri Chandrawahti, Bripka Ricky Rizal, Bharada Richard Eliezer, dan Kuat Ma'ruf.

Mereka dipersangkakan dengan Pasal 340 subsider 338 KUHP juncto Pasal 55 ayat (1) dan Pasal 56 KUHP.

Lalu, pada kasus obstruction of justice terdapat tujuh orang ditetapkan tersangka. Mereka adalah Ferdy Sambo, Brigjen Hendra Kurniawan, Kombes Agus Nur Patria, Kompol Chuck Putranto, Kompol Baiquni Wibowo, AKBP Arif Rachman Arifin, dan AKP Irfan Widyanto.

Mereka diduga melanggar Pasal 49 jo Pasal 33 dan/atau Pasal 48 ayat 1 jo Pasal 32 ayat (1) Nomor 19 Tahun 2016 UU ITE. Selain itu, mereka juga dijerat Pasal 55 ayat (1) dan/atau Pasal 221 ayat (1) ke-2 dan/atau Pasal 233 KUHP.