4 Titik Banjir di Jakarta Timur Pagi Ini
Banjir di willayah Jatinegara/ Foto: IST

Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak 4 titik wilayah bantaran sungai di Jakarta Timur terendam banjir akibat kiriman air dari bendunganKatulampa, Senin 10 Oktober, pagi.

Seperti yang terjadi di kawasan Tanah Rendah, Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Jatinegara. Di kawasan ini, banjir merendam RW 04, 05 dan 07.

"Ketinggian air sekitar 50 cm. Penyebab karena kiriman air dari Katulampa. Diprediksi, air akan terus alami kenaikan," kata Kasiop Sudin Gulkarmat Jakarta Timur, Gatot Sulaeman dalam laporannya, Senin, 10 Oktober.

Guna meminimalisir banjir, Sudin Gulkarmat mengerahkan 1 unit pompa portable di lokasi genangan.

Selanjutnya, banjir juga melanda kawasan aliran Kali Ciliwung, Jembatan Pos Kuning RW 04, Kelurahan Kebon Manggis, Kecamatan Matraman.

"Diprediksi ada kenaikan. Penyebab kiriman dari katulampa. Kondisi terkini, debit air mulai meningkat namun belum membanjiri permukiman warga. Kita kerahkan 1 unit kuda besi dengan 2 personel di lokasi," ujarnya.

Banjir juga melanda wilayah Tanjung Lengkong, RT 016/17, Kelurahan Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara dengan ketinggian air sekitar 40 cm.

"Diprediksi ada kenaikan debit air. Penyebab kiriman dari Katulampa," paparnya.

Sementara di kawasan TB Simatupang, Kelurahan Gedong, Kecamatan Pasar Rebo, genangan banjr mulai naik 5 cm akibat kiriman dari Katulampa.

"Kita kerahkan 1 unit kuda besi dengan 2 personel. Kondisi ada kenaikan air," ucapnya.

Selain itu, Sudin Gulkarmat Jaktim juga telah mengerahkan perahu karet, pompa portable dan quick respon guna mengatasi banjir di kawasan Jakarta Timur.