Trump Tak Ingin Biden Dapat Pujian atas Ketersediaan Vaksin COVID-19
Presiden AS Donald Trump (Instagram/@realdonaldtrump)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump terus mendorong percepatan penyediaan vaksin COVID-19. Trump akan mengumpulkan seluruh pemangku kepentingan, termasuk para pemimpin dari industri penyedia vaksin pada 8 Desember.

"Operasi percepatan vaksin dari Presiden Trump berkembang pesat. Kini operasi itu akan menghadirkan vaksin COVID-19 yang aman dan efektif, serta (pembuatannya) lebih cepat daripada vaksin lain dalam sejarah,” kata juru bicara Gedung Putih, Brian Morgenstern dikutip CNA, Rabu, 2 Desember.

"Presiden berharap untuk mengumpulkan para pemimpin dari pemerintah federal, pemerintah negara bagian, sektor swasta, militer, dan komunitas ilmiah untuk diskusi yang komprehensif dengan rakyat Amerika. Sebab, Administrasi telah bersiap untuk mengirimkan vaksin bersejarah yang menyelamatkan jiwa ini ke setiap kode pos di Amerika Serikat dalam waktu 24 jam setelah persetujuan FDA,” katanya.

Pertemuan itu digagas Trump setelah dirinya menekan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA). Namun FDA sendiri menolak berkomentar.

Sementara itu, Trump masih menolak berkomentar terkait kekalahannya dari Joe Biden dalam Pemilu AS, 3 November lalu. Trump bahkan pada pekan lalu terang-terangan mengungkap tak ingin Biden mendapat pujian untuk pengembangan vaksin.

"Jangan biarkan Joe Biden mendapat pujian atas vaksin COVID-19. Jangan biarkan dia mengambil kredit untuk vaksin karena vaksinnya adalah saya, dan saya mendorong orang lebih keras daripada yang pernah mereka lakukan sebelumnya," Trump.

Sejauh ini AS telah mengonfirmasi 13.693.774 kasus penularan COVID-19. Di antara itu, terdapat 269.234 kasus meninggal dunia.