Ketua DPRD DKI Sebut Informasi Jokowi Tunjuk Kasetpres Heru jadi Pj Gubernur DKI Valid
Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi/FOTO: Diah Ayu-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo telah menunjuk satu nama sebagai Penjabat Gubernur DKI Jakarta. Nama yang dipilih Jokowi untuk memimpin Jakarta selama dua tahun ke depan adalah Kepala Sekretariat Presiden, Heru Budi Hartono.

Hal ini diputuskan Jokowi dalam rapat Tim Penilai Akhir (TPA) yang dipimpin langsung oleh Jokowi di Istana Merdeka. Informasi ini juga telah diterima oleh Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi.

"Insyaallah (informasi Heru menjadi Pj Gubernur DKI Jakarta) valid," kata Prasetyo saat dihubungi, Jumat, 7 Oktober.

Diberitakan sebelumya, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) resmi mengirimkan tiga nama calon Penjabat Gubernur DKI Jakarta ke Presiden Joko Widodo.

Nama-nama usulan Kemendagri ternyata serupa dengan yang diusulan oleh DPRD DKI Jakarta sebelumnya, yakni Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekda DKI Marullah Matali, dan Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar.

"(Nama-nama calon Pj Gubernur Dki) sudah diserahkan Selasa. Nama sama (dengan usulan DPRD)," ujar Kapuspen Kemendagri Benny Irwan.

Benny menuturkan, usulan tiga nama calon Pj Gubernur DKI diputuskan melalui pembahasan internal Kemendagri bersama eselon-eselon terkait.

Nama-nama ini diserahkan ke Sekretariat Negara dan Sekretaris Kabinet. Selanjutnya, tiga nama usulan Kemendagri dan DPRD DKI ini akan dibahas terlebih dulu di Tim Penilaian Akhir (TPA) yang akan dipimpin oleh Jokowi selaku Ketua TPA.

"Nanti akan ada sidang TPA, tim penilai akhir yang dipimpin bapak presiden yang dihadiri dan diikuti oleh beberapa menteri dan kepala beberapa lembaga terkait," ucap Benny.

Sebagai informasi, Pj Gubernur DKI Jakarta akan mulai menjabat pada 17 Oktober 2022 hingga Gubernur DKI yang terpilih dari Pilkada 2024 dilantik. Saat ini, pengajuan calon Pj Gubernur masih berproses.

Dalam proses penjaringan calon Pj Gubernur DKI, pada Selasa, 13 September, DPRD DKI sudah menentukan tiga nama. Hal ini didapatkan dari hasil rapat pimpinan gabungan (rapimgab) sembilan fraksi DPRD DKI.

Tiga nama calon Pj Gubernur DKI yang diputuskan DPRD yakni Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Marullah Matali, dan Dirjen Polpum Kemendagri Bahtiar.