Disambut Hangat Demokrat, Anies Baswedan: Ini Penanda Kita Siap Jalan Bersama
Anies dan AHY di Menteng (Foto: Nailin In Saroh/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengapresiasi sambutan hangat Partai Demokrat atas kunjungannya hari ini ke kantor partai berlambang bintang mercy itu di Menteng, Jakarta, Jumat, 7 Oktober. 

Anies pun memberi sinyal untuk siap berjalan bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). 

"Saya membayangkan akan berjumpa dengan beberapa pengurus. Ternyata beberapanya Demokrat itu luar biasa, begitu hangat sambutannya. Insyaallah ini penanda bahwa kita siap untuk jalan bersama-sama," ujar Anies dalam konferensi pers di Kantor DPP Partai Demokrat di Menteng, Jakarta, Jumat, 7 Oktober. 

Anies menuturkan, keinginan untuk jalan bersama bukan keinginan dari atas, namun keinginan yang bergerak dari seluruh arah. Menurut Anies, AHY melanjutkan tradisi yang dibangun Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk terus menjaga demokrasi dan menegakan institusi. 

"Kita ingat bagaimana dalam perjalanan pemerintahan, demokrasi dijaga, institusi ditegakan. Kami melihat Mas AHY meneruskan tradisi itu yang dibangun di masa Pak SBY, ketika partai Demokrat pada waktu itu menjadi partai yang memberikan peran dominan. Kita ingin agar tradisi itu terus terjaga. Tradisi menjaga demokrasi, sportivitas, menjaga kesetaraan di semua aspek," ungkap mantan Mendikbud itu. 

Dalam pertemuan hari ini, Anies dan AHY bicara soal bagaimana melakukan perubahan untuk perbaikan. Menurutnya, perbaikan itu tidak mungkin dikerjakan sendiri, tapi bersama-sama dengan jutaan warga. 

"Karena itu lah, silaturahmi pada hari ini bukan sebuah akhir. Ini insyallah menjadi awalan baru. Tapi ini juga bukan hal yang baru, kita berinteraksi sudah amat panjang ketika mas AHY masih berada di tugas TNI, saya berada di kampus, kita sudah berinteraksi. Begitu juga nanti ke depannya teman-teman, dari jajaran kepengurusan Partai Demokrat," kata Anies. 

Dari interaksi tersebut, lanjut Anies, terbangun keintiman dan kepercayaan. "Ketika ada kepercayaan, ketika ada kedekatan, maka perjalanan panjang bisa kita lewatin bersama-sama," katanya. 

Anies berharap, pertemuan hari ini bisa berlanjut untuk bersama-sama menciptakan kemajuan bagi Indonesia. Namun, dia tak menyebut secara pasti soal rencana berduet pada Pilpres 2024. 

"Karena kita sudah berjalan sejauh ini bersama-sama, dengan obrolan yang sudah kita lakukan tadi, InsyaAllah nanti kita akan ada kelanjutannya. Harapannya kelanjutannya itu akan membuat arah kemajuan Indonesia yang lebih baik," kata Anies.