Anies Baswedan Sambangi Demokrat, NasDem: Hilal Koalisi Semakin Dekat
Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan dan Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat melayat ke rumah duka Hermanto Dardak di Jakarta, Sabtu 20 Agustus. (Antara-Tri M A)

Bagikan:

JAKARTA - Anies Baswedan dijadwalkan berkunjung ke kantor DPP Partai Demokrat di Menteng, Jakarta, hari ini, Jumat, 7 Oktober. Demokrat jadi partai pertama yang dikunjungi Anies usai diumumkan sebagai capres yang akan diusung Partai NasDem pada Pilpres 2024.

NasDem pun menyambut baik kedatangan Anies ke Markas Demokrat. Ketua DPP NasDem, Willy Aditya, menyebut pertemuan Anies dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) nantinya akan menjadi kode keras koalisi NasDem, Demokrat dan PKS akan diresmikan.

"Kita sudah komunikasi, dan itu tanda-tanda kode keras untuk bangun koalisi ya. Jadi hilal (koalisi) semakin dekat lah," ujar Willy, Jumat, 7 Oktober.

Willy mengungkapkan, komunikasi NasDem dengan Demokrat sudah semakin intensif. Soal deklarasi koalisi, kata dia, hanya tinggal menunggu waktu yang tepat untuk mendeklarasikannya bersama-sama.

"Jadi memang Pak Anies datang ke Demokrat bagian dari proses yang kita susun," ungkapnya.

Bahkan, kata Willy, Anies juga akan mengunjungi PKS setelah pertemuan dengan Demokrat hari ini. Namun soal waktu, masih dipersiapkan.

"Teman dari PKS masih nyusun waktu juga. Nanti kita aturlah," katanya.

Sebelumnya, Kepala Bappilu DPP Partai Demokrat Andi Arief mengatakan rencana kedatangan Anies ke markas partainya sangat dinanti para kader partai berlambang mercy se-Indonesia.

"Selain juga menjawab harapan publik yang menginginkan Anies maju sebagai kandidat Presiden 2024, berpasangan dengan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)," kata Andi Arief dalam keterangannya kepada wartawan, Kamis, 6 Oktober.

Andi mengungkapkan, banyak yang bertanya dan bahkan meragukan apakah Anies akan memilih AHY sebagai pasangan Cawapres pasca deklarasi di Partai NasDem. Menurutnya, hal itu wajar mengingat cara pendeklarasian Anies berlangsung tidak normal. Tapi, Andi tak menjelaskan lebih lanjut apa yang dimaksud deklarasi tidak normal itu.

"Namun, Partai Demokrat yakin dengan berlangsungnya pertemuan besok di DPP adalah pertanda baik. Dan makin meneguhkan bahwa Anies adalah bagian dari tokoh perubahan dan perbaikan bersama Partai Demokrat," katanya.