Sesuai Permintaan NasDem, Demokrat Sudah Nyatakan Dukung Anies Baswedan Jadi Capres, Kapan Giliran PKS?
Anies Baswedan/DOK FOTO via Instagram @aniesbaswedan

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menyatakan partainya memiliki kesamaan pandangan dengan Partai NasDem terkait calon presiden (capres) yang bakal diusung pada Pilpres 2024. Demokrat mendukung Anies Baswedan sebagai bakal calon presiden (bacapres) 2024. 

“Bagi Demokrat, Mas Anies adalah tokoh perubahan dan perbaikan,” ujar AHY dalam keterangan tertulis, Jumat, 27 Januari. 

Hal itu dikatakan AHY menanggapi permintaan NasDem bahwa jika ingin berkoalisi maka harus mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai capresnya. 

AHY pun mengajak calon mitra koalisi yakni NasDem dan PKS untuk membentuk Sekretariat Perubahan sebagai bukti keseriusan dan komitmen Partai Demokray untuk mewujudkan Koalisi Perubahan.

Dia menegaskan, koalisi Demokrat, PKS, dan NasDem dipertemukan dengan visi yang sama, bukan untuk politik transaksional dan pragmatisme.

“Koalisi Demokrat, PKS, dan NasDem dipersatukan oleh visi dan semangat yang sama, senasib dan seperjuangan, untuk mengemban amanah rakyat yang menginginkan perubahan dan perbaikan pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” kata AHY.

AHY mengungkapkan, kerja tim kecil Koalisi Perubahan sudah mendekati tahap final. Menurutnya, dengan rentang waktu komunikasi lebih dari enam bulan maka sudah cukup untuk mengambil keputusan yang penting dan fundamental.

Sebelumnya, Partai NasDem secara tegas belum mau membahas sosok bakal calon wakil presiden (cawapres), yang akan mendampingi Anies Baswedan di Pilpres 2024 mendatang.

Pasalnya, calon mitra koalisinya yakni Partai Demokrat dan PKS harus lebih dulu bersikap dan mendeklarasikan Anies Baswedan untuk maju sebagai capres 2024.

"Sebelum kita masuk kriteria, ada deklarasi dulu, ada koalisi dulu kan begitu kan. Ada koalisi dulu terbentuk katakan Nasdem, Demokrat, PKS sama-sama sudah menandatangani kesepakatan mengusung Anies, calon presiden itu namanya koalisi," kata Wakil Ketua Umum Partai NasDem, Ahmad Ali, Rabu, 25 Januari.

Untuk diketahui Koalisi Perubahan yang diinisiasi NasDem, Demokrat dan PKS hingga kini belum dideklarasikan. Dari ketiga parpol yang gembar gembor koalisi, baru NasDem yang sudah jauh hari mendukung pencapresan Anies Baswedan.

Lalu, kapan giliran PKS mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai Capres 2024? 

Terkait hal itu, juru bicara PKS M. Kholid menuturkan, partainya masih menunggu keputusan hasil Musyawarah Majelis Syuro.

"DPP PKS menunggu arahan dari Ketua Majelis Syuro PKS, Habib Dr. Salim Segaf Al-Jufrie. DPP PKS sebagai pelaksana tugas dari amanat Majelis Syuro akan taat dan patuh menjalankan keputusan Majelis Syuro," katanya.