Tanpa Malu Eks Pejabat di Ternate Masih Menguasai Rumah dan Kendaraan Milik Negara, KPK Turun Tangan
Ketua Satgas Koordinasi Supervisi Wilayah V KPK Dian Patria (ANTARA/Abdul Fatah)

Bagikan:

TERNATE - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan membantu penarikan aset berupa mobil dinas dan rumah dinas milik negara yang masih dikuasai mantan pejabat Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara (Malut).

Ketua Satgas Koordinasi Supervisi Wilayah V KPK Dian Patria mengatakan, berdasarkan laporan bahwa aset yang belum dikembalikan, yakni 61 kendaraan roda dua dan 10 roda empat. sedangkan lima pejabat aktif hingga kini dilaporkan masih menggunakan aset milik negara tersebut.

"Itu sudah saya sampaikan, nanti diberikan data lagi, karena ada 61 kendaraan roda dua dan 10 roda empat, kecuali lima pejabat aktif, dua mantan wakil wali kota, dan camat," katanya di Ternate, Antara, Jumat, 7 Oktober. 

Dia menyatakan pihaknya telah turun ke lapangan dan tidak ingin kejadian seperti mantan Bupati Keerom di Papua pada bulan Agustus 2021 yang dipidana 3 tahun penjara.

Kasus tersebut dilaporkan ke Polda Papua terkait tindak pidana penggelapan aset. Di mana saat dia keluar dari rumah dinas,  ternyata isi seluruh rumah dinas ikut dikosongkan atau dibawa. Akibatnya ada pihak yang melapor ke Polda Papua sehingga mantan bupati itu menjalani sidang dan divonis tiga tahun penjara.

"Jika belajar dari kasus pidana penggelapan aset itu, jangan sampai terseret. Kalau tidak mau terlibat masalah seperti itu," katanya.

Dia berharap pemerintah kabupaten/kota jika menemukan hal serupa melaporkan ke aparat penegak hukum (APH) terkait pidana penggelapan aset.

"Jadi aset tidak dikembalikan pimpinan daerah, maka bisa melaporkan ke APH dan laporan itu masuk tindak pidana penggelapan aset negara," katanya.

Dia mengatakan pihaknya akan turun mendampingi di lapangan, misalnya tidak dikembalikan bisa dilaporkan dan itu masuk ke ranah tindak pidana penggelapan aset, termasuk rumah dinas mantan anggota DPRD akan dilakukan penyelamatan.

"Rumah dinas mantan anggota DPRD yang dikuasai lima ASN aktif dan satu mantan anggota DPRD," katanya.