Bagikan:

JAKARTA - Presiden Volodymyr Zelensky mengatakan pada Hari Selasa, militer Ukraina telah membuat kemajuan besar dan cepat melawan pasukan Rusia, membebaskan puluhan kota di selatan dan timur negara itu dari pendudukan.

"Tentara Ukraina maju dengan cara yang cukup cepat dan kuat di selatan negara itu dalam konteks operasi pertahanan saat ini," kata Zelenskiy dalam pidato video malam hari, melansir Reuters 5 Oktober.

"Minggu ini saja, sejak referendum semu Rusia, lusinan pusat populasi telah dibebaskan. Semuanya berada di wilayah Kherson, Kharkiv, Lugansk dan Donetsk," ungkapnya.

Lebih jauh diterangkan olehnya, di wilyah Kherson selatan dia mengatakan, kota Liubymivka, Khreshchenivka, Zolota Balka, Biliaiivka, Ukraiinka, Velyka, Mala Oleksandrivka dan Davydiv Brid semuanya telah dibebaskan.

"Dan ini bukan daftar yang lengkap," ujar Presiden Zelensky mengutip CNN.

"Prajurit kita tidak berhenti. Dan hanya masalah waktu ketika kami akan mengusir penjajah dari seluruh tanah kami," tandasnya.

Diketahui, Kherson adalah salah satu dari empat wilayah di Ukraina yang diklaim Rusia, dicaplok lewat referendum yang ditentang Kyiv dan dunia internasional.