Duma Negara Rusia Sahkan Penerimaan Empat Wilayah Ukraina: Atur Batas Wilayah, Mata Uang, Jaminan Pekerjaan hingga Bantuan Kesehatan
Ilustrasi Duma Rusia. (Wikimedia Commons/FOTOBANK.ER)

Bagikan:

JAKARTA - Duma Negara dengan suara bulat meloloskan rancangan undang-undang konstitusional tentang penerimaan Republik Rakyat Donetsk dan Lugansk (DPR, LPR), serta Wilayah Kherson dan Zaporizhzhia, pada Hari Senin.

Menurut undang-undang, penduduk entitas konstituen baru diakui sebagai warga negara Rusia mulai 30 September, hari ketika wilayah tersebut bergabung dengan Rusia, tetapi mereka memiliki waktu satu bulan untuk menolak kewarganegaraan Rusia, dilansir dari TASS 4 Oktober.

Dokumen tersebut menetapkan, penduduk wilayah baru dapat memperoleh kewarganegaraan Rusia dengan mengajukan aplikasi dan dilantik sebagai warga negara Rusia.

Lebih jauh dokumen itu menjelaskan, DPR dan LPR akan mempertahankan statusnya sebagai republik setelah bergabung dengan Rusia, dengan bahasa Rusia akan menjadi bahasa resmi mereka.

Sedangkan, wilayah Kherson dan Zaporizhzhia juga akan bergabung dengan Rusia sebagai entitas konstituen dan akan terus disebut wilayah. Perbatasan republik dan wilayah akan sama dengan yang "ada pada hari penciptaan dan aksesi mereka ke Rusia."

Perbatasan mereka dengan negara lain akan dianggap sebagai perbatasan negara Rusia. Pada saat yang sama, di bawah undang-undang konstitusional, DPR dan LPR bergabung dengan Rusia di bawah perbatasan tahun 2014 yang diabadikan dalam konstitusi mereka.

Berikutnya, masa transisi akan berlangsung antara hari aksesi daerah baru ke Rusia hingga 1 Januari 2026. Secara khusus, warga negara Rusia yang berada di DPR, LPR, Zaporizhzhia dan Kherson Region akan dijamin haknya untuk bekerja.

Selain itu, dokumen tentang pendidikan dan status sipil mereka, serta masa kerja mereka dan hak untuk memperoleh pensiun dan bantuan sosial dan medis, akan diakui. Cabang lembaga pemerintah federal akan didirikan di republik dan wilayah baru pada 1 Juni 2023.

Untuk mata uang, rubel Rusia akan menjadi satu-satunya mata uang yang digunakan di DPR, LPR, wilayah Kherson dan Zaporizhzhia mulai 1 Januari 2023. Tetapi, penggunaan hryvnia Ukraina akan diizinkan hingga akhir 2022. Selain itu, entitas konstituen baru akan mengimplementasikan undang-undang anggaran Rusia pada 1 Januari 2023, sementara anggaran mereka akan disetujui pada 15 Desember 2022.

Diketahui, Presiden Rusia Vladimir Putin bersama kepala Republik Rakyat Donetsk, Republik Rakyat Lugansk, serta wilayah Kherson dan Zaporizhzhia, menandatangani perjanjian tentang aksesi mereka ke Rusia pada upacara di Kremlin 30 September.

Mayoritas penduduk keempat wilayah tersebut dikatakan memilih untuk bergabung dengan Rusia dalam referendum, sementara Ukraina dan masyarakat internasional menolak hasil yang diperoleh.