Sukses di Timur, Pasukan Ukraina Terobos Pertahanan Rusia di Selatan dan Ancam Jalur Pasokan Tentara Moskow
Militer Ukraina. (Sumber: President.gov.ua)

Bagikan:

JAKARTA - Pasukan Ukraina mencapai terobosan terbesar mereka di wilayah selatan sejak perang dimulai, menerobos pertahanan Rusia dan maju dengan cepat di sepanjang Sungai Dnipro pada Hari Senin, mengancam jalur pasokan bagi ribuan tentara musuh.

Sebagai tanda Ukraina sedang membangun momentum di dua front, 300 km ke timur laut barisan kendaraan pasukan Ukraina menuju untuk memperkuat hub rel Lyman, direbut kembali pada akhir pekan dan pos pementasan untuk menekan ke wilayah Donbas.

Kyiv memberikan sedikit informasi tentang perolehan di selatan, tetapi sumber-sumber Rusia mengakui bahwa pasukan Ukraina telah maju puluhan kilometer di sepanjang tepi barat sungai, merebut kembali sejumlah desa di sepanjang jalan.

Terobosan tersebut mencerminkan keberhasilan Ukraina baru-baru ini di timur yang telah mengubah gelombang perang, bahkan ketika Moskow telah mencoba meningkatkan taruhannya dengan mencaplok wilayah, memerintahkan mobilisasi dan mengancam pembalasan nuklir.

"Informasinya tegang, anggap saja seperti itu, karena ya, memang ada terobosan," Vladimir Saldo, pemimpin yang ditempatkan Rusia di bagian-bagian yang diduduki di provinsi Kherson Ukraina, mengatakan kepada televisi pemerintah Rusia, melansir Reuters 4 Oktober.

"Ada pemukiman bernama Dudchany, tepat di sepanjang Sungai Dnipro, dan di sana, di wilayah itu, ada terobosan. Ada pemukiman yang diduduki pasukan Ukraina," ungkapnya.

Dudchany berada sekitar 30 km (20 mil) selatan dari tempat front berdiri sebelum terobosan, menunjukkan kemajuan tercepat perang sejauh ini di selatan, di mana pasukan Rusia telah digali ke posisi yang diperkuat di sepanjang garis depan yang sebagian besar statis sejak minggu-minggu awal invasi.

Sementara Kyiv belum memberikan penjelasan tentang perkembangannya, pejabat militer dan regional memang merilis beberapa rincian.

Tentara dari 128th Mountain Assault Brigade Ukraina mengibarkan bendera biru dan kuning negara itu di Myrolyubivka, sebuah desa antara bekas front dan Dnipro, menurut sebuah video yang dirilis oleh Kementerian Pertahanan.

tentara ukraina
Militer Ukraina. (Sumber: President.gov.ua)

Anton Gerashchenko, seorang penasihat kementerian dalam negeri Ukraina, mengunggah foto tentara Ukraina berpose dengan bendera mereka mengalungkan patung emas malaikat di sebuah desa yang katanya adalah Mikhailivka, di tepi sungai sekitar 20 km di luar front sebelumnya.

Serhiy Khlan, seorang anggota dewan regional Kherson, juga mendaftarkan Osokorivka, Mykhailivka, Khreschenikvka dan Zoloto Balka sebagai desa yang direbut kembali, atau di mana tentara Ukraina telah difoto.

"Itu berarti angkatan bersenjata kami bergerak dengan kuat di sepanjang tepi Dnipro lebih dekat ke Beryslav," tuturnya.

Kemajuan yang diperoleh menargetkan jalur pasokan untuk sebanyak 25.000 tentara Rusia di tepi barat Dnipro. Ukraina telah menghancurkan jembatan utama, memaksa pasukan Rusia untuk menggunakan penyeberangan darurat. Sebuah kemajuan besar di sungai bisa memotong mereka sepenuhnya.

"Fakta bahwa kami telah menembus garis depan berarti, tentara Rusia telah kehilangan kemampuan untuk menyerang, dan hari ini atau besok bisa kehilangan kemampuan untuk bertahan," terang Oleh Zhdanov, seorang analis militer yang berbasis di Kyiv.

"Satu bulan pekerjaan kami menghancurkan persediaan mereka dan mengurangi efektivitas tempur kelompok ini, berarti mereka beroperasi dengan jatah minimal dalam hal amunisi, bahan bakar dan makanan," paparnya.

Sejak awal September, pasukan Ukraina dengan cepat merebut wilayah di timur negara itu untuk menguasai jalur pasokan Rusia, memotong pasukan Rusia yang lebih besar dan memaksa mereka mundur.

Hanya beberapa jam setelah konser di Lapangan Merah Moskow pada Hari Jumat, di mana Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan Provinsi Donetsk, Lugansk, Kherson dan Zaporizhzhia menjadi wilayah Rusia selamanya, Ukraina merebut kembali Lyman, benteng utama Rusia di utara provinsi Donetsk.

Itu telah membuka jalan baginya untuk maju jauh ke Provinsi Lugansk, mengancam rute pasokan ke wilayah yang direbut Moskow dalam beberapa pertempuran paling berdarah pada bulan Juni dan Juli.