Jokowi Bertemu Ganjar Setelah NasDem Resmi Deklarasi Anies Baswedan Jadi Capres
Ganjar Pranowo (Foto via Pemprov Jateng)

Bagikan:

JAKARTA - Partai NasDem resmi mendeklarasikan dukungan kepada Anies Baswedan sebagai Calon Presiden pada Pilpres 2024 mendatang.

Kebetulan, tepat di hari yang sama, Presiden Joko Widodo juga bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo.

Momen pertemuan antara Jokowi dengan Ganjar terjadi di Jateng. Ganjar terpantau menyambut Jokowi yang di Landasan Utama TNI AD Jenderal Ahmad Yani, Kota Semarang, Jateng, Senin 3 Oktober.

Pesawat kepresidenan yang ditumpangi Jokowi mendarat sekitar pukul 14.00 WIB.

Dalam kesempatan itu, Jokowi tampak mengenakan kemeja putih lengan panjang dan celana hitam. Sedangkan Ganjar mengenakan seragam tugas berwarna cokelat. Keduanya tampak bersalaman dan bercengkrama.

Tak lama berselang, Jokowi dan Ganjar langsung menaiki helikopter Super Puma TNI AU menuju Komando Distrik Militer (Kodim) yang ada di Kabupaten Batang.

Jokowi yang didampingi Ganjar menghadiri Acara Seremoni Investasi Wavin di Indonesia di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), Kabupaten Batang, Jateng.

Beberapa menteri yang mendampingi Jokowi ke Jateng, antara lain Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, Komandan Paspampres Marsda TNI Wahyu Hidayat Soedjatmiko, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Menurut Ganjar banyaknya investasi yang saat ini sudah masuk ke Jawa Tengah adalah bukti kepercayaan investor kepada Indonesia.

"Kita senang sekali di tengah situasi ekonomi yang lagi sulit, ternyata kepercayaan investor cukup bagus dan masuk di Batang, Jawa Tengah. Menurut saya itu menunjukkan kepercayaan Indonesia di kancah luar bahwa kita negara yang siap dalam situasi apa pun dan kondusif sehingga investasi masuk," kata Ganjar di Batang.

Wavin merupakan anak usaha Orbia dan bergerak pada bidang bangunan dan infrastruktur. Wavin menjadi salah satu dari 10 perusahaan besar dunia yang sudah berinvestasi di Ground Batang City. Perusahaan asal Belanda itu akan mendirikan pabrik di lahan seluas 20 hektar di areal Grand Batang City. Pabrik itu ditarget akan mulai beroperasi pada tahun 2024.

Diketahui, Jokowi sempat memberikan sinyal dukungan kepada Ganjar di Pilpres 2024. Sinyal itu sampaikan saat memberi sambutannya di Rakernas V Projo (relawan Pro Jokowi) di Magelang pada 21 Mei 2022 lalu.

"Urusan politik? Ojo kesusu sik. Jangan tergesa-gesa. Jangan tergesa-gesa. Meskipun, meskipun mungkin yang kita dukung ada di sini (Ganjar Pranowo). Sudah dibilang, jangan tergesa-gesa. Ojo kesusu," kata Jokowi kala itu.

Saat ini, Ganjar merupakan salah satu tokoh yang paling potensial memenangkan pilpres 2024. Seluruh survei menempatkan Ganjar di posisi tiga besar bersaing dengan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan.