Skema Usang Baim Wong dan Paula Verhoeven, Bikin Ulah Dulu Baru Memelas Minta Maaf
Baim Wong di Polsek Kebayoran Lama Jaksel/ Foto: Jehan/ VOI

Bagikan:

JAKARTA - Sudah menjadi hal 'lumrah' atau mungkin saja dilumrahkan, artis tanah air yang bikin ulah baru kemudian meminta maaf. Skema-nya pun bermacam-macam, ada yang dilakukan sesama artis, kepada warga atau terakhir yang paling menggemparkan adalah Baim Wong dan Paula Verhoeven.

Keduanya nekat membuat konten prank kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) dan dilaporkan kepada pihak berwajib. Belakangan, konten prank yang diunggah di Youtube Baim Wong ini di take down setelah mendapat kritik publik. 

Konten prank dilakukan di Polsek Kebayoran Lama. Kasi Humas Polres Metro Jakarta Selatan, AKP Nurma Dewi secara tegas menyatakan, aksi prank keduanya ini mengarah ke pidana tentang laporan palsu yang diatur dalam Pasal 220 KUHP. 

“Mengarah (Pasal) 220 KUHP soal laporan palsu. Mengarah betul. Pidana itu karena kan dia bohong. Lain kalau betulan,” kata Nurma saat dikonfirmasi, Senin, 3 Oktober.

Saat ditanya apakah Baim Wong dan istrinya akan dilakukan pemanggilan, Nurma mengaku belum mengetahui lebih jauh. Ia meminta waktu, agar berkoordinasi terlebih dahulu ke kepolisian setempat.

“Makanya kita koordinasikan ke Kapolsek (soal pemanggilan). Dia (Baim Wong dan Paula-red) telah melakukan pemalsuan laporan. Walaupun bilangnya prank. Kan kaga bisa main main,” tutupnya. 

Secara terpisah, Baim Wong dan Paula Verhoeven sudah mendatangi Polsek Kebayoran Lama untuk meminta maaf. Baim Wong mengaku melakukan aksi konten prank itu karena mengenal petugas-petugas kepolisian di Kebayoran Lama.

"Dikiranya kita mengenal karena memang sering banget saya ke sini dan juga sudah merasa dekat tetapi ternyata dari sisi luar pengelihatannya lain, beda. Jadi ke sini mau minta maaf, saya minta maaf karena saya salah," kata Baim Wong di Polsek Kebayoran Lama, Senin, 3 Oktober.

"Saya intropeksi diri karena gak boleh, kita harus hargai institusi pemerintah kita. Mudah-mudahan mengerti. Gak apa-apa, memang harus seperti ini, jadi tolong tegur saya terus kalau saya salah," sambungnya.

Baim juga mengakui yang memiliki ide prank ke petugas kepolisian di Polsek Kebayoran Lama. Padahal sebelumnya, Paula telah mengingatkan untuk tidak melakukan prank tersebut.

Istri saya juga sudah memperingatkan, cuma saya pribadi yang punya ide. Kasian dia, bukannya saya membela, kejadiannya seperti itu memang semuanya sih sebenarnya balik lagi instropeksi salah. tapi ke sini saya beneran minta maaf," ucapnya. 

"Enggak ada gimana, salahnya saya tidak melihat situasinya. Ketika kita nonton juga saya melakukan sepeti ini, salah banget harusnya, lebih peka lagi," tutupnya.

Sebagai informasi, aksi prank itu terekam dalam video yang sempat tayang di kanal Youtube Baim Paula pada Minggu, 2 Oktober. Namun, kini video itu telah di take down atau dihapus.