Apa Respons Jokowi Ketika Tahu NasDem Resmi Pinang Anies Baswedan Jadi Capres?
Foto Wardhany Tsa Tsia-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Jokowi sudah tahu kalau Partai NasDem mendeklarasikan Gubernur DKI Anies Baswedan sebagai capres mereka. Dan ini adalah respons Jokowi.

Pertemuan terakhir Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dengan Jokowi terjadi pada 10 hari lalu. Pada saat itulah Surya Paloh memberitahu rencana partainya mendeklarasikan 'buru-buru' Anies Baswedan sebagai capres.

"Ketika ditanya apakah saya sudah membicarakan, apa tanggapan beliau pencalonan bung Anies. Ya beliau ucapkan 'baik, bagus, saya menghargai itu'. Jadi saya pikir itu lebih dari cukup," jelas Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Senin 3 Oktober.

Surya Paloh mengaku terus menjalani hubungannya yang rutin dengan Jokowi. Selama 8,5 tahun jalannya pemerintahan Jokowi, Surya Paloh rutin menggelar pertemuan.

"Jadi memang dalam waktu singkat, saya juga akan bertemu kembali (dengan Presiden Jokowi)," lanjut dia.

Soal Anies apakah bakal masuk NasDem atau tetap berada di luar, Surya Paloh menyerahkan sepenuhnya kepada bekas Mendikbud itu.

"Jadi itu bukan menjadi issue, istilahnya bukan menjadi the important issue bagi NasDem. Anies mau NasDem kek, gak masuk kek, yang penting Anies konsisten membangun bangsa ini," tandasnya.

Partai NasDem janji bakal tetap mendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin meski sudah resmi mendeklarasikan Gubernur DKI Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"NasDem ingin mempertegas komitmennya untuk tetap mendukung pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin ini sampai akhir masa jabatan," kata Surya Paloh.

Surya menegaskan tak ada perbedaan apapun antara partainya dengan pemerintahan Jokowi-Ma'ruf. Sehingga, dia memastikan NasDem akan terus mengawal meski ada kekurangan di sana-sini.

"Tidak ada perbedaan apapun secara prinsipal," tegasnya.

"Kekurangan pasti ada dan inilah tugas sahabat, tugas partai dan inilah tugas sahabat, tugas partai yang berada di dalam koalisi pemerintahan untuk selalu mengawal dengan nawaitu, niat baik, apa yang terbaik untuk pemerintahan baik untuk pemerintahan baik untuk bangsa dan negara ini," sambung Surya.