Anies Baswedan Dideklarasikan NasDem Jadi Capres 2024, Urusan Cawapres Diberi Otoritas Menentukan
Ketum NasDem Surya Paloh dalam deklarasi Anies Baswedan sebagai capres 2024/FOTO: Wardhany Tsa Tsia-VOI

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menyatakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan punya otoritas memilih calon wakilnya sendiri. Partai menyerahkan sepenuhnya siap memberikan dukungan.

"Soal cawapres kalau NasDem ya udah kasih otoritas sama bung Anies," kata Surya Paloh kepada wartawan ketika mendeklarasikan Anies sebagai calon presiden di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin, 3 Oktober.

Partai tak mau memaksakan kehendak terkait siapa yang akan mendampingi Anies. Kata Surya, langkah ini diberikan agar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) tersebut nyaman dan tak merasa dipaksa berpasangan dengan tokoh tertentu.

Apalagi, NasDem menginginkan terbangunnya pemerintahan dengan kabinet kuat, solid dan harmonis. "Bagaimana kita tiba-tiba pilih cawapres yang enggak cocok sama dia. Itu namanya cari penyakit," tegasnya

Surya Paloh yakin Anies mampu mencari pasangan yang cocok untuk mengantarnya menjadi presiden di 2024. Sehingga, NasDem memberikan kebebasan.

"Ketika yakin pilih capres kita harus yakin pilih kesempatan ke dia untuk pilih cawapres," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Anies mengaku siap menjadi capres Partai NasDem di Pilpres 2024. Hal ini disampaikan di hadapan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

"Bismillah kami terima, kami siap," kata Anies usai dideklarasikan sebagai capres NasDem di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat, Senin, 3 Oktober.

Anies meyakini majunya dia sebagai capres menjadi ibadah baginya. Karenanya, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu akan terus berusaha.

"Dengan memohon doa semua, insyaallah perjalanan panjang ini tidak menjadi perjalanan yang berat tapi jadi perjalanan yang ringan," ujarnya.

"Kita siapkan ikhtiar ini sebagai ibadah," sambung Anies.